IYL Tak Pernah Lelah Mengurus PMI Demi Kemanusiaan

74
Ketua PMI Sulsel, Ichsan Yasin Limpo (IYL).

MAKASSAR, lontar.id – Menjalankan tanggung jawab sebagai Ketua Palang Merah Indonesia (PMI), memang bukan perkara mudah. Butuh keikhlasan, kepekaan, keseriusan dan kepeduliaan tinggi.

Tak ada istilah lelah. Semua harus dijalani dengan tulus tanpa pamrih. Sebab di balik itu, ada kepuasaan tersendiri jika bisa berbuat menolong menyelamatkan nyawa manusia.

Prinsip itulah selalu dijalankan Ketua PMI Sulsel, Ichsan Yasin Limpo. Selama diberi amanah memimpin organisasi kemanusiaan dan kebencanaan ini, Punggawa, sebutan yang dilekatkan ke IYL, nyaris setiap hari selalu meluangkan waktu menjalankan amanah mulia itu. Termasuk di bulan suci Ramadan.

Tak heran, jika Ichsan selalu memberi perhatian lebih ke PMI. Mulai turun langsung mengecek stok darah, maupun mengarahkan ke pengurus dan relawan untuk selalu siaga di setiap bencana alam yang terjadi.

Aksi kemanusiaannya memang jarang terpublikasi. Mengingat, ia memang bukan tipikal pemimpin yang selalu mau dipublikasikan untuk pencitraan. Baginya, menolong sesama sudah lebih dari cukup.

“Jujur, di sejumlah organisasi yang pernah saya pimpin, di PMI lah yang banyak memberi saya kepuasan dan kebahagiaan. Tanggung jawab ini sangat mulia dalam membantu sesama,” kata IYL saat ditanya alasannya menyibukkan diri di PMI.

IYL bersama Ketua PMI Makassar, Deng Ical.(INT)

Selama tidak menjabat bupati lagi, IYL memang punya banyak waktu mengurus PMI. Selain memastikan roda organisasi berjalan di semua struktur, tokoh pelopor pendidikan gratis ini, juga setiap saat memonitoring dan memastikan stok darah dan bantuan tetap aman.

Bahkan, dibeberapa daerah, PMI selalu menawarkan bantuan peralatan transfusi darah jika pihak pemerintah setempat bersedia menyiapkan lahan untuk pembangunan UTD.

Selain itu, IYL tak henti-hentinya mengkampanyekan pentingnya melakukan donor darah. Sebab di samping untuk menolong sesama, juga dampaknya sangat baik bagi kesehatan kita sendiri. Dengan donor darah secara rutin, penyakit bisa menjauh dari tubuh kita.

“Orang yang rutin melakukan donor darah, sangat jarang mengalami sakit. Wajah dan tubuhnya pasti selalu segar,” kata mantan Bupati Gowa dua periode ini, di sela-sela peringatan hari donor darah sedunia, di PMI Makassar, Rabu (14/06/17) malam.

IYL bersama Ketua PMI Luwu, Andi Cakka.(INT)

Sehari sebelumnya, IYL secara khusus menyampaikan penghargaan dan terima kasih kepada segenap relawan PMI dan para pendonor darah. Baginya aksi kemanusiaan itu bisa menyelamatkan nyawa banyak orang.

Ia berharap, warga yang mendonorkan darahnya bisa bertambah. Mengingat kebutuhan permintaan darah di Sulsel semakin meningkat beberapa tahun belakangan.

Khusus di Makassar, beberapa golongan darah masih tergolong aman selama ramadan hingga lebaran. Meski demikian, PMI akan selalu berusaha mengantisipasi jika sewaktu-waktu stok darah menipis, khususnya golongan darah yang langka.(wandy)

Baca juga: IYL Cek Aktivitas UTD PMI Makassar

FOTO: IYL CEK STOK DARAH DI PMI MAKASSAR

Hasil Penelitian IYL, Pendidikan Dasar Singapura Nyaris Sama di Gowa