Narkoba Flakka ‘Zombie’ Sudah Masuk Indonesia

518
ilustrasi (net)

lontar.id – Beberapa hari belakangan ini warga media sosial (Medsos) dihebohkan dengan adanya video yang menggambarkan orang-orang berubah menjadi Zombie. Penyebabnya yakni narkoba jenis baru yang disebut Flakka.

Meski dalam video itu tidak menampakkan adanya orang Indonesia yang menjadi korban narkoba jenis baru itu, namun rupanya falakka sudah masuk di Tanah Air.

Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN), Komisaris Jenderal Polisi (Komjen Pol) Budi Waseso menerangkan, hasil penelitian laboratorium narkoba BBN memastikan bahwa narkoba jenis flakka ada di Indonesia.

Meski belum diketahui pola peredarannya, namun narkoba jenis baru itu mulai kerap ditemukan di sejumlah paket narkoba yang disita BNN.

“Barusan saya mendapat laporan, kita temukan lagi dalam paket yang kita sita ternyata juga sebuah narkotika jenis flakka,” kata Budi Waseso, dilansir dari merdeka.

Oleh sebab itu, dia mengatakan, untuk mencegah meluasnya peredaran narkoba ‘Zombie’ ini, BNN bersama Kementerian Kesehatan akan segera menindaklanjuti potensi peredaran.

“Sehingga kami bisa mengambil langkah hukum bilamana ada yang menyalahgunakan dan mengedarkannya,” kata dia.

Budi menyadari, hingga saat ini Indonesia masih menjadi sasaran peredaran narkoba dari berbagai negara. Di negara kepulauan seperti Indonesia, menurut dia, banyak bermunculan pelabuhan-pelabuhan tikus yang memudahkan lalu lintas peredaran narkoba.

“Ini karena memang begitu luasnya wilayah kita yang tidak bisa kita awasi, maka bisa mudah masuk,” kata dia.(*)