Makassar Hattrick Adipura !

3544
Adipura Makassar
Lontar.id / Indie

MAKASSAR, Lontar.id – Masyarakat Kota Makassar patut berbangga. Piala Adipura kembali diraih tahun 2017. Ini kali ketiga secara berturut-turut penghargaan bidang kebersihan untuk kategori Kota Metropolitan, diraih kota berjuluk Anging Mammiri.

Keberhasilan ini tentu saja tak terlepas dari peran Wali Kota Mohammad Ramdhan Pomanto. Ide-ide dalam membuat program kebersihan oleh sang wali kota berlatar belakang arsitek ini menjadi salah satu indikator.

Makassarta’ Tidak Rantasa (MTR), Lihat Sampah Ambil (LISA), Bank Sampah, dan lain-lain, adalah program kebersihan yang digagas Mohammad Ramdhan Pomanto, tentu menjadi penilaian khusus Kementerian Lingkungan Hidup Republik Indonesia yang membawa Makassar kembali meraih Adipura.

Adipura Makassar
Infografik / Lontar.id

Meski begitu, Wali Kota Makassar yang lebih akrab disapa Danny ini menyebut, keberhasilan meraih Piala Adipura Kirana selama tiga tahun berturut-turut adalah keberhasilan masyarakat dan petugas kebersihan. Tanpa mereka, kata Danny, programnya tidak akan berjalan.

“Ini keberhasilan kita bersama, terutama warga dan petugas kebersihan. Kita sudah tiga kali meraih Adipura secara berturut-turut, yang kalau dalam istilah sepak bola ada namanya hattrick. Terima kasih warga, terima kasih petugas kebersihan,” ucap Danny, usai menerima Piala Adipura, di Jakarta, Rabu malam (2/8/2017).

Pemilik tagline “Makassar Dua Kali Tambah Baik” ini berharap, keberhasilan ini bisa kembali menjadi motivasi bagi pemerintahannya, seluruh warga, dan para petugas kebersihan untuk selalu menjaga kebersihan agar Kota Makassar selalu menjadi kota yang nyaman bagi semua.

“Intinya jangan cepat puas. Adipura bukan tujuan utama kita, tapi menghadirkan kota nyaman untuk semua. Jadikan ini sebagai motivasi untuk dua kali tambah baik,” uajar wali kota terbaik di Indonesia ini.

Sekedar diketahui, Wali Kota Makassar, Danny Pomanto, menerima Piala Adipura Kirana untuk ketiga kalinya sejak 2015, 2016 dan 2017. Adipura tahun ini diserahkan langsung oleh Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI, Siti Nurbaya, Rabu (2/8/2017) malam, di Manggala Wana Bhakti, Jakarta.

Berawal dari gerakan-gerakan kebersihan di tahun 2014 hingga sekarang yang dinamakan Makassarta’ Tidak Rantasa’, Lihat Sampah Ambil, Makassar Bebas Sampah, Makassar Bersih Lorong dan beberapa gerakan kebersihan lainnya, pada akhirnya menciptakan suatu gerakan kesadaran masyarakat dan berujung kepada pengakuan Pemerintah Pusat kepada Kota Makassar melalui anugerah tertinggi di bidang kebersihan.

Selamat Kota Makassar!

Baca Juga : Danny Pomanto Semangati Ribuan Pelajar Ikut Bela Negara