Justin Gatlin Kalahkan Usain Bolt di Penutupan Karirnya

2717
Akhir Karir Usain Bolt
Usain Bolt/Internet

Lontar.id – Tidak ada kemenangan yang menakjubkan pada pertarungan akhir Usain Bolt. Pelari asal Jamaika ini akan pensiun setelah Kejuaran Dunia Atletik IAAF di London, mengakhiri karirnya yang luar biasa.

Namun di final 100m pada hari Sabtu (5/8/2017) ia harus puas dengan medali perunggu saat atlet kontroversial asal Amerika, Justin Gatlin, menang secara mengejutkan dengan waktu terbaik 9,92 detik. Christian Coleman yang juga berasal dari Amerika menyusul dengan catatan waktu 9,94 detik. Bolt, yang masih memegang rekor dunia untuk 100m dan 200m, mendapat medali perunggu dengan waktu 9,95 detik.

Baca Juga : 3 Petinju Sulsel Maju ke Final Kejurnas Junior-Youth

Gatlin memasuki Stadium Olimpiade London dengan diiringi ejekan penonton. Ia dianggap sebagai ‘tokoh jahat’ dunia olahraga setelah dua kali tersandung kasus doping. Ia juga diejek selama pemanasan dan semifinal.

Namun, Gatlin mengatakan bahwa ia memilih untuk tidak memedulikan ejekan penonton dan fokus untuk meraih kemenangan, yang ternyata merusak momen perpisahan Bolt.

Hanya dua kali Bolt gagal meraih kemenangan di panggung termegah – posisi ketiga di London dan permulaan yang salah di final 100m Kejuaran Dunia 2011. Pada Olimpiade Rio musim panas lalu, Bolt menjadi orang pertama yang memenangkan  tiga gelar Olimpade 100m, membuktikan dirinya sebagai salah satu olahragawan terhebat.

Era Bolt telah usai, namun tongkat estafet akan diteruskan. Bukan kepada genarasi baru, melainkan pada atlet asal Amerika yang lima tahun lebih senior.(*)