Dampak Cahaya Biru Smartphone terhadap Kesehatan Mata

1535
cahaya biru smartphone
ist/int

Lontar.id – Cahaya Biru pada perangkat smartphone berdampak terhadap kesehatan mata kita, banyak dari kita menghabiskan waktu di depan smartphone. Tahun lalu riset Nielsen Company mengungkapkan bahwa orang dewasa rata-rata di Amerika Serikat menghabiskan 8 jam 47 menit sehari pada perangkat smartphone mereka, sehingga menimbulkan pertanyaan,  Bagaimana semua waktu itu dapat mempengaruhi kesehatan mata kita ?

Jawabannya, Beberapa dokter khawatir bahwa cahaya biru dari perangkat elektronik smartphone mungkin memiliki dampak negatif pada mata kita. “Cahaya biru langsung berdampak mengenai kornea, kemudian menuju ke belakang mata,” ungkap Anam Qureshi, MD : Asisten Profesor klinis Oftalmologi di NYU Langone di New York City. Dia mengatakan beberapa ahli berpikir, mungkin kerusakan retina akan mengarah ke kondisi seperti degenerasi makular atau kondisi medis kronik yang tidak dapat diperbaiki, yang menyebabkan hilangnya penglihatan sentral karena kerusakan macula, atau bagian tengah retina.

Baca Juga : Jangan Sepelekan Gigi Sensitif, Bahaya Akibatnya

Dokter mata Janelle Routhier, OD, di Dallas USA telah menemukan bahwa beberapa pasiennya yang menatap layar dengan jangka waktu yang lama dapat menyebabkan kelelahan mata, atau juga dikenal sebagai Sindrom Visi Komputer (Computer Vision Syndrome). Gejalanya termasuk penglihatan yang buram, ciri – cirinya seperti mata merah, mata lelah, mata kering, dan sakit kepala, pungkasnya.

Cara ini sama: “Jika Anda berada dalam posisi jongkok dalam waktu yang sangat lama, kaki Anda akan kesemutan (otot kaki akan lelah) dan anda akhirnya tidak akan mampu untuk melakukan posisi itu lagi,” kata Dr Routhier. Hal yang sama juga akan terjadi pada mata anda. Untuk melihat sebuah objek, otot-otot pada mata anda perlu untuk secara terus-menerus fokus pada objek yang dilihat dan setelah beberapa saat, otot-otot mata anda akan lelah.

Beberapa studi telah menunjukkan bahwa cahaya biru pada smartphone dapat berakibat melatonin – hormon atau sebuah kelenjar kecil di otak. Melatonin membantu mengendalikan siklus tidur dan bangun, ini akan berakibat dapat membuat kita lebih sulit untuk tertidur, dan kita ketahui bahwa kurang tidur dapat memiliki konsekuensi kesehatan jangka panjang, ungkap Dr Qureshi

Baca juga : Kenali Penyebab Kanker Lidah, Hindarilah

Sementara penelitian lebih lanjut diperlukan untuk dapat menilai efek samping dari kebiasaan menggunakan smartphone, ada beberapa strategi sederhana yang dapat anda gunakan untuk bermain aman dan melindungi mata kita dari layar Smartphone.

  • Memberikan waktu istirahat terhadap mata anda

“Jika anda akan berkonsentrasi pada layar untuk waktu yang lama, cobalah aturan 20/20/20,” kata Dr Routhier. “Tujuannya adalah untuk mengambil istirahat setiap 20 menit, 20 detik, dan melihat sesuatu yang setidaknya 20 kaki jauhnya atau lebih.” Anda mungkin bisa melihat keluar jendela. Untuk membuat kebiasaan ini, anda perlu mengatur alarm pada telepon anda untuk mengambil waktu istirahat yang rutin.

  • Mengunduh aplikasi pengurang cahaya pada smartphone anda

Ada sejumlah aplikasi yang dapat mengurangi cahaya biru pada perangkat anda, seperti f.lux. atau anda juga dapat menggunakan mode “Nightshift” pada iPhone.

Tapi cara terbaik untuk menjaga mata anda dari gangguan layar smartphone adalah menonaktifkannya satu jam sebelum tidur. atau mengisinya dengan beberapa kegiatan seperti membaca buku atau mendengarkan musik yang menenangkan sebelum anda tertidur. (Red/Health)