Mengenal Mani dan Madzi.

2500
Mani dan Madzi
ist/int

Lontar.Id– Biasanya ketika bangun tidur pada pagi hari saya mendapati cairan membasahi celana dalam. Jangan kira saya mimpi basah atau buang air kecil, hal itu tanpa saya sadari, Apakah itu mani atau madzi?

Mani
Mani lelaki berbentuk cairan pekat berwarna putih, adapun mani wanita encer berwarna kuning. Sebagaimana disebutkan dalam hadits Ummu Sulaim Radhiyallahu ‘Anha bahwa ia bertanya kepada Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam tentang seorang wanita yang bermimpi dalam tidur sebagaimana yang dialami kaum pria (mimpi basah).

baca juga : Dampak Cahaya Biru Smartphone terhadap Kesehatan Mata

ciri khas mani yang disebutkan oleh para ulama :

  • Ciri mani yang paling mencolok adalah sebagaimana yang disebutkan dalam hadis ; Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

إن ماء الرجل غليظ أبيض ، وماء المرأة رقيق أصفر

Mani laki-laki itu kental putih, sedangkan mani wanita agak encer kuning.” (HR. Muslim, no.311) Meskipun terkadang ada wanita yang air maninya berwarna putih.

  • Memiliki bau khas, yang jika kena air seperti bau telur, Disertai orgasme dan rasa lemas setelah mani keluar.

Madzi

  • ciri madzi: cairan putih, agak kental, keluar ketika syahwat, baik karena berimajinasi atau melihat sesuatu yang membangkitkan gairah. Ketika madzi keluar tidak ada orgasme dan tidak membuat lemas.

Bagaimana jika meragukan?

Ketika kita tidak bisa membedakan cairan yang keluar, apakah itu mani ataukah madzi, maka orang yang mengalaminya berhak untuk memilih sesuai dengan apa yang meyakinkan baginya. (Red/ KonsultasiSyariah)