Manfaat Berhubungan Intim Bagi Kesehatan

1686
berhubungan intim
ilustrasi

Lontar.id – Tak ada keharusan untuk melakukan hubungan intim di malam hari. Secara biologis, manusia bisa bercinta kapan saja. Alasan mengapa banyak orang memilih untuk melakukan hubungan intim di malam hari sebenarnya lebih kepada jadwal harian dan kesibukan masing-masing. Malam hari adalah satu-satunya waktu di mana pasangan bisa menghabiskan waktu berkualitas berdua. Anda dan pasangan sudah selesai beraktivitas dan anak-anak sudah tidur. Dengan begitu, Anda bisa berhubungan intim dengan lebih leluasa dan nyaman.

Berikut manfaat berhubungan intim :

1. Olah raga.

Kegiatan hubungan intim adalah satu bentuk latihan fisik, kata Dr. Michael Cirigliano dari University of Pennsylvania School of Medicine. Berhubungan hubungan intim tiga kali seminggu membakar sekitar 7.500 kalori dalam setahun, sama dengan berlari sejauh 75 mil.

Baca Juga : Wanita Harus Tahu 5 Hal Ini Sebelum Berhubungan Seks

2. Pernafasan Dalam

Beradu cinta meningkatkan kadar oksigen dalam sel, membantu organ-organ dan jaringan bekerja secara optimal.

3. Tulang dan Otot yang Kuat

Semua kegiatan fisik meningkatkan testosteron, kata Dr. Karen Donahey, Direktur Program Terapi hubungan intim dan Perkawinan di Northwestern University Medical Center, Chicago. Testosteron dipercaya membantu menguatkan tulang dan otot pria.

4. Kolesterol Lebih Rendah

Berhubungan hubungan intim secara teratur dapat menurunkan kolesterol total dalam tubuh Anda dan meningkatkan keseimbangan rasio kolesterol baik dan jahat.

5. Peredah Nyeri

hubungan intim dapat menurunkan tingkat nyeri artritis, nyeri badan dan sakit kepala, kata Dr. Beverly Whipple, kepala American Association of S*x Educators, Counselors dan Therapists. Hormon yang dikeluarkan selama rangsangan  dan orgasme dapat menaikkan ambang nyeri.

6. DHEA Tanpa Suplemen

DHEA (dehydroepiandrosterone), hormon suplemen anti penuaan yang populer, dikeluarkan secara alami selama berhubungan badan. “Tepat sebelum orgasme dan ejakulasi,” kata Crenshaw, “DHEA melonjak hingga tiga sampai lima kali lipat biasanya.”

7. Perlindungan Prostat

Para peneliti berkata bahwa gangguan prostat dapat timbul atau memburuk karena tumpukan cairan dalam kelenjar. Ejakulasi teratur akan membuang cairan itu. Tetapi, jangan mengubah frekuensinya secara tiba-tiba karena justru dapat memicu gangguan prostat.

Baca Juga : Agar Sehat, Anda Harus Bercinta Paling Sedikit Dua Kali Seminggu

8. Mengurangi Stres

Hubungan intim dapat menjadi cara yang sangat efektif untuk mengurangi tingkat stres.

9. Menyatukan Hati

Sentuhan kasih sayang meningkatkan kadar oxytocin, hormon penyatu hati. Oxytocin adalah zat kimia peningkat hasrat yang dikeluarkan pituitari. Pelepasan oxytocin secara teratur dapat mendorong hubungan cinta yang lebih sering.

10. Hormon-hormon Alami

Hubungan badan yang teratur dapat meningkatkan kadar estrogen wanita, menjaga jantungnya, dan membuat jaringan vaginanya tetap lentur. (Sumber: fhikachu)