Presiden Jokowi Batal Hadiri Hakteknas di CPI

1429
Presiden Jokowi sempatkan waktu berkunjung di Mall Panakkukang Makassar.(WA)

MAKASSAR, lontar.id – Peringatan Hari Kebangkitan Teknologi Nasional (Hakteknas) ke-22 di Center Point of Indonesia (CPI), Kota Makassar, Kamis (10/8/2017) dipastikan tak akan dihadiri oleh Presiden Indonesia Joko Widodo. Sebagai gantinya, Wakil Presiden Jusuf Kalla yang akan membuka acara tersebut.

Kepala Badan Pengembangan dan Penelitian Daerah (Balitbangda) Sulsel, Muhammad Firda mengakui jika puncak Hakteknas akan dihadiri Wapres Indonesia Jusuf Kalla dan Mantan Presiden ketiga BJ Habibie.

‎”Untuk kegiatan tidak ada perubahan, yang berubah hanya Presiden ke Wapres. Kalau alasannya saya kira itu bagian keprotokuleran istana,” kata Firda di Kantor Gubernur Sulsel, Rabu (9/8/2017).

Menurutnya, kehadiran Wapres Jusuf Kalla sudah menjadi sebuah kebanggaan. Pasalnya, dalam puncak Hakteknas ke 21 tahun lalu di Solo hanya dihadiri oleh Menteri Koodinator bidang Kemaritiman.

Baca juga: Sulsel Pesaing Kalimantan Jadi Ibu Kota Negara

Menurut Firda selain JK dan Habibie, dijadwalkan beberapa menteri juga‎ akan hadir mulai dari Menko Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan, Menko PMK Puan Maharani dan Menristekdikti Muh Natsir.

“Malam ini kita welcome diner sekitar 700 orang di Rujab Gubernur. Selain Pak Habibie, juga ada pejabat kementerian, Rektor seluruh Indonesia,” jelasnya.

Hari ini dijadwalkan ada 19 inovasi yang akan ditampilkan dan dilihat oleh Wapres dan rombongan. Salah satunya adalah kapal Plat datar yang dikembangkan oleh Unhas dan PT IKI.

Dalam puncak perayaan nantinya, Wapres juga akan membuka pameran Raytech Expo. Serta memberikan bantuan konverter kit bagi nelayan yang ada di Makassar dan sekitarnya.

Bahkan sebelum puncak acara, digelar beberapa kegiatan seperti seminar-seminar. Seperti Kongres Maritim Nasional dan Rapat Paripurna Dewan Riset Nasional.(MU)