Manfaat Buah Pepaya Beserta Daunnya untuk Kesehatan

288
Manfaat Pepaya
net

LONTAR.id – Pepaya adalah buah yang dianggap paling bermanfaat untuk kesehatat. Bisa membantu menyembuhkan banyak penyakit. Tidak hanya buahnya, daunnya pun mengandung banyak khasiat penyembuhan.

Daun papaya terkenal untuk meningkatkan jumlah trombosit dan diperkaya dengan khasiat anti malaria, menjadikannya obat rumah terbaik untuk melawan demam berdarah dan penyakit lainnya.

Daun pepaya mengandung senyawa fenolik, papain dan alkaloid dan nutrisi ini berperan sebagai antioksidan kuat yang pada gilirannya meningkatkan kekebalan tubuh. Selain itu, kombinasi pepaya dan senyawa lainnya membantu secara efektif mencerna protein penting yang dapat menyembuhkan gangguan pencernaan.

Berdasarkan penelitian seperti dilansir Times of India, ekstrak daun pepaya meningkatkan jumlah trombosit pada pasien yang menderita demam berdarah. Menurut penelitian yang dilakukan pada 400 pasien yang mendapat pengobatan standar untuk demam berdarah dan setengahnya yang berada dalam kelompok kontrol, menerima dosis spesifik dari ekstrak daun pepaya dalam bentuk tablet.

Baca juga: Kenali Penyebab Kanker Lidah, Hindarilah

Ditemukan bahwa pasien dalam kelompok kontrol memiliki jumlah trombosit yang meningkat selama terapi pepaya dan memiliki lebih sedikit efek samping. Mereka juga tidak memerlukan transfusi darah.

Para pakar kesehatan juga menyarankan jus daun pepaya sebagai obat yang efektif untuk mengobati demam berdarah, penyakit mematikan yang disebabkan nyamuk Aedes. Nyamuk menularkan penyakit ke dalam darah dan menyebabkan demam tinggi, ruam kulit, dan penurunan jumlah trombosit. Nah, ekstrak daun pepaya membantu mengurangi gejala demam berdarah.

Daun pepaya mengurangi risiko penyakit jantung

Kadar kolesterol yang tinggi dalam darah merupakan faktor risiko terbesar untuk penyakit jantung. Cara paling aman untuk mengurangi risiko penyakit jantung menurut para ahli kesehatan adalah makan makanan seperti daun pepaya. Karena, mengonsumsi daun pepaya dapat menurunkan kadar kolesterol dalam darah.

Daun pepaya mentah ukuran sedang (300 gm) mengandung 188 mg vitamin C, yang sangat efektif mencegah pengendapan kolesterol dalam plak arteri. Meningkatkan asupan vitamin C dapat mencegah pembentukan plak di arteri, yang pada akhirnya secara signifikan mengurangi risiko penyakit jantung.

Daun pepaya membantu pengobatan hipertensi

Seseorang yang memiliki penyakit hipertensi harus meningkatkan asupan kalium. Karena, asupan ini sangat membantu mengontrol tekanan darah. Menurut American Heart Association (AHA), kita perlu mengonsumsi 4.700 mg potasium setiap hari untuk mengontrol tekanan darah.

Daun pepaya sangat kaya akan kalium dan membantu kita memenuhi kebutuhan kalium harian. Daun pepaya ukuran sedang (300 gm) mengandung 781 mg kalium, atau 16 persen dari kebutuhan harian kalium kita.

Baca juga: Begini Cara Jitu Usir Lemak Perut untuk Segala Usia

Jadi, makan daun pepaya setiap hari dapat membantu menjaga tekanan darah dalam kisaran normal. Dengan begitu, makan daun pepaya akan mengurangi risiko hipertensi dan penyakit jantung.

Mensehatkan pencernaan

Sementara itu, ada manfaat tambahan dari daun pepaya selain dari mencegah penyakit jantung, yaitu mensehatkan pencernaan. Pepaya mengandung papain, para ahli percaya enzim ini membantu mensehatkan pencernaan.

Pepaya mentah memiliki jumlah papain 3 kali lipat lebih tinggi dari pepaya matang, sehingga lebih cocok untuk mengatasi masalah pencernaan. Selain itu, daun pepaya juga mengandung senyawa kimia tertentu yang dapat menghentikan mikroorganisme, di mana dapat berdampak buruk terhadap pencernaan.

Selain daunnya, buah pepaya sendiri sarat dengan nutrisi penting, seperti serat, folat, potasium dan vitamin C, K, A dan E. Jadi, jika ingin menjalankan diet seimbang, Anda harus menambahkan pepaya ke dalam diet harian.

(Dilansir dari berbagai sumber)