Travelnya Dituding Bermasalah, Ini Pernyataan Pimpinan Abu Tours

2388
Abu Tours
Gedung Abutours-Abucorp di Jalan Kakatua Kota Makassar, Sulawesi Selatan.(INT)

MAKASSAR, LONTAR.id – Pemberitaan terkait aktivitas Abutours (Abucorp), sebuah perusahaan travel yang melayani perjalanan haji dan umroh, dalam sepekan terakhir marak menjadi perhatian publik.

Persoalan kasus First Travel yang diduga menipu puluhan ribu calon jamaah yang akan diberangkatkan umroh ke Baitullah, menjadi salah satu faktor dikait-kaitkannya bisnis sejenis yang dilakoni Abutours di daerah ini.

Ditambah lagi, beredarnya paket haji non Depag di media sosial yang diupload perusahaan travel haji dan umroh, Abutours menjadi perhatian khalayak ramai.

Pasalnya, promo haji yang dijanjikan perusahaan ini hanya dalam jangka waktu 3 (tiga) tahun calon jamaah yang akan menunaikan ibadah haji, akan diberangkatkan. Sementara Kementerian Agama RI baru bisa memberangkatkan calon jamaah haji setelah menunggu sedikitnya 5 (lima) tahun.

Kedua faktor itulah yang memicu sehingga Abutours banyak disorot akhir-akhir ini. Bahkan, salah satu media lokal di daerah ini berani menuding Perusahaan Travel Haji dan Umroh, Abutours, saat ini dirundung banyak persoalan, sehingga masyarakat menjadi was-was. Sementara Sang Owner, Abu Hamzah dikatakan tidak diketahui keberadaannya saat ini.

Untuk menjawab keresahan jemaah yang mendaftar melalui Abutour, berikut pernyataan Pimpinan Abutours (Abucorp), Abu Hamzah Mamba, melalui rilis yang diterima Lontar.id, Jumat (1/9/2017).

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakathu

Alhamdulilah saat ini Abutours menjadi ramai dibahas di medsos dan di koran yg dimana menyudutkan kami bahwa kami lagi dirudung masalah dan jamaah was was dan kemanakah bos abutours.

Pertama tama saya jawab bahwa Alhamdulilah saat ini Allah SWT masih menyayangi kami saya dan kelaurga besar abutours karena masih di berikan kesehatan sehingga bisa membaca berita dan sampai bisa menuliskan balasaan atau hak jawab saya sebagai seorang pelayan bagi tamu tamu Allah yg akan datang berkunjung ke baitullah nanti.

Perlu saya pertegas saat ini abutours masih dalam kondisi yang baik operasional berjalan dengan baik dan masih melakukan aktifitas seperti biasa dan bahkan kami memohon doa agar perjalanan jamaah haji abutours dan kami diberi kemudahan dalam melaksanakan ibadah haji tahun ini .

Permasalahan di dunia bisnis umrah dan haji ini sudah sering terjadi dan mungkin setiap tahun ada-ada aja korban penipuan mengatasnamakan travel dan begitu juga travel umrah di Indonesia juga ada yg menjdi korban penipuan dari jamaah atau agen agen yg tidak bertanggung jawab sehingga bisa merugikan pihak travel, seperti kabur di tanah haram biasanya untuk menjadi TKI atau menunggu datangnya haji, dan begitu juga agen agen yg membawa kabur uang jamaah sehingga travel di wajibkan bertanggung jawab.

Dan begitu banyak korban korban penipuan yg terjadi di dunia travel umrah dan haji krn bisnis umrah adalah bisnis kepercayaan.

Namun saat ini yakni salah satu travel yg sedang menghadapi masalah yang begitu besar sehingga menjadi issu nosional membuat masyarakat bertanya tanya tetang sebuah kejadian ini dan saya berdoa semoga kedepannya Allah SWT masih menjaga para jamaah agar kejadian serupa tidak terulang di Indonesia.

Kejadian ini menjadi pelajaran yg berharga buat banyak orang dan begitu pun kami. Karena amanah yg diberikan oleh para jamaah begitu besar. Kami tau semua orang bertanya tanya akankah kejadian serupa akan terulang.

Saya tidak menjajikan 100% bahwa ini tidak terulang apalagi isu itu mengarah kepada kami yakni Abutours Travel.

Kami saat ini telah melakukan beberpa persiapan seperti persiapan tiket, hotel dan komitment visa bahkan alhamdulilah kalau tidak ada halangan merintang Abutours akan menjadi provider visa tahun ini agar memudahkan pengurusan visa sendiri dari visa afwad dan almassa dan persiapan seluruh kelengkapan dari tas koper, syal, mukena, ihram dll.

Saat ini persiapan di gudang kami di Lantebung yakni pergudangan kami yg dimana bisa menampung perlengakpan jamaah sebanyak 100.000 orang telah proses persiapan yg hampir tiap hari datang dari Jawa dan bisa Anda kinjungi. Dan bagi para jamaah atau agen bisa langsung mengecek kegiatan kami dan Inshallah, semuanya akan kami bagikan kepada para jamaah kami agar lebih cepat prosesnya mungkin Inshllaah mulai pertanggal 1 September 2017 ini.

Bahkan persipaan dari servis seperti pelatihan tourlider untuk memberikan pelayanan yg baik untuk seluruh jamaah Abutours.
Dan bahkan kami telah membagun aplikasi abutours.com new yg akan memudahkan seluruh jamaah agen, mitra untuk mengatur jadwal keberangkatan sendiri. Semuanya ada di genggaman anda karena semuanya berbentuk aplikasi.

Dimana kami adalah satu satunya perushaan travel umrah dan haji yang saat ini berbasis teknologi. Emang masih jauh dari harapan agar semua berjalan baik untuk memulai sebuah perubahan itu emang sangat berat butuh waktu dan tenaga dan begitu banyak tantangan yg harus kita lewati.

Persipaan kami telah memasuki 75% dari seluruh persipan kami untuk mengahadapi dan memasuki musim umrah tahun 2017-2018 yakni dimana
banyak hal yg harus kami rubah dari sisi marketing, operasional dll.

Sebelum kami ditegur dan diintruksikan oleh pihak pemerintah untuk tidak menjual paket-paket promo, kami lebih dahulu menghentikan paket penjualan harga di bawah rata-rata dan itu kami presentasikan kepada pemerintah.

Saat ini kami akan komitment akan menjual paket reguler dari angka 20 juta – 30 juta rupiah untuk setiap keberangkatan jamaah.

Sekali lagi saya pertegas dan saya sampaikan bahwa Saya alhamdulilah masih diberikan kesehatan oleh Allah SWT. Dan kami dalam kondisi yang baik baik saja dan bahkan kami optimis bahwa kami bisa melayani tamu tamu ALLAH lebih baik dari tahun-tahun sebelumnya.

Mungkin ada jamaah yg was was dan itu menurut kami wajar wajar saja dikarenakan kejadian yg luar biasa yg menimpa salah satu travel di Indonesia.

Sehingga membuat para jamaah was was namun saya yakin bukan hanya jamaah abutours mungkin saja beberapa travel di Indonesia. Bagi jamaah abutours yg mungkin ragu boleh mengajukan pembatalan inshallah kami tidak akan persulit Inshaallah kami akan permudah.

Perjalanan usaha kami dalam kurun waktu yang baru, yakni memasuki umur 7 tahun lebih dalam melayani tamu-tamu Allah SWT. Umur ini masihlah terlalu muda atau bisa dikata masih seumur jagung.

Maafkan kami jikalau kami telah melakukan kesalahan baik yg kami sengaja atau tidak kami sengaja. Karena kami manusia yg tidak luput dari kesalahan. Kami masih perlu banyak belajar agar bisa jauh lebih baik.

Dan sejauh ini kami selalu berusaha memberikan yg terbaik kepada seluruh jamaah jamaah kami. Namun kami pastikan bahwa kesempurnaan itu masih terlalu jauh karna kesempurnaan itu hanya milik Allah.

Dari sang pelayan tamu-tamu Allah, semoga anda sehat selalu dan diberi kesuksesan.

Abu Hamzah
Abutours – abucorp