7 obat yang dapat menyebabkan mata kering.

260
eyes

Lontar.id– Mata kering adalah suatu kondisi di mana produksi air mata yang terlalu sedikit (kondisi sindrom mata kering) yang dapat menyebabkan mata merah, mata terasa panas dan berpasir.

Tingkat keparahan penyakit mata kering memang berbeda-beda, ada yang ringan dan ada sampai mengalami tingkat yang parah.

Penyebab mata kering terjadi karena adanya iritasi pada mata, tpi bukan itu saja, masih banyak hal yang dapat menyebabkan mata menjadi kering. Salah satu penyebabnya adalah Obat Medis.

Berikut adalah 7 obat medis penyebab mata kering.

  1. Dekongestan

Dekongestan adalah obat yang digunakan untuk mengatasi kongesti nasal atau di sebut Hidung Tersumbat, yang umumnya disebabkan oleh pilek,flu,sinusitus.

Dekongestan bekerja meredakan pengbekakan pembulu darah didalam hidung yang disebabkan pilek/flu sehingga nafas menjadi lega, dekongestan yang ada diindonesia adalah pseudoephedrine, oxymetazoline, phenylephrine.

Meski dekongestan obat medis yang dapat mengatasi masalah pernafasan, tapi efek samping dari obat ini membuat mata menjadi kering.

  1. Obat penurun tekanan darah.

Beberapa penderita tekanan darah tinggi atau hipertensi, maka akan mengkomsumsi obat penurun tekanan darah. Contoh pada penggunaan obat jenis beta blocker, jenis obat tersebut membuat Mata Kering.

Selain membuat Mata Kering, obat ini cukup mengatasi masalah pada jantung dan pembuluh darah, penggunaan obat ini juga dapat menurunkan sensivitas kornea mata. selain jenis beta blocker ada juga jenis diuretik yang dapat bekerja pada ginjal, golongan obat ini menghambat penyerapan ion natrium pada bagian-bagian tertentu pada ginjal, oleh karena itu efeknya dapat membuat mata menjadi kering.

  1. Antihistamin

Antihistamin adalah jenis obat yang sering digunakan untuk mengobati sejumlah kondisi kesehatan seperti alergi, termasuk alergi serbuk bunga, polusi udara, kulit alergi, radang mata.

Antihistamin bekerja menghalangi efek histamin dalam tubuh sehingga dapat membantu mencegah dan meredakan reaksi alergi, hanya saja efek yang disebabkan Mata menjadi Kering.

  1. Antidepresan, psikosis, dan obat parkinson

Pada obat antidepresan biasanya digunakan untuk mengatasi masalah kejiwaan, dengan cara memblokir transmisi sinyal atau impuls saraf, dikarenakan cara kerja dari obat ini memblokir sinyal saraf, maka saraf pada indra penglihatan pun terpengaruh, jaringan komunikasi saraf mata menjadi rusak, sehingga pesan objek benda tidak terkiirm ke otak, dan inilah penyebab Mata menjadi Kering.

  1. Obat Terapi Hormon dan kontrasepsi oral

Wanita yang mengambil terapi hormon, terumata hormon estrogen memiliki kemungkinan terkena Mata Kering, dalam sebuah penelitian yang melibatkan lebih dari 25.0000 wanita pasca menopause, peneliti menunjukkan peningkatan risiko wanita yang mengganti hormon lebih berisiko terkena mata kering dibanding dengan wanita yang tidak mengganti hormon, jelas estrogen mempengaruhi kelenjar minyak mata.

  1. Obat Jerawat

Ahli dermatologi terkadang menyarankan penderita jerawat menggunakan obat jenis isotretinion, padahal obat ini sangat kuat reaksinya, obat jenis ini bisa membuat kelenjar air mata berkurang dan bagian kelopak mata terkena iritasi.

Stephanie Crist, Pharm. D. Asisten profesor praktik farmasi di St Louis college of Pharmacy Missouri mengatakan penggunaan obat jerawat jenis isotretinion dapat menyebabkan sekresi, mengurangi cairan pada kelenjar mata secara keseluruhan dan mengakibatkan Mata Kering.

  1. Obat tetes mata

Mungkin terdengar sangat aneh, kok bisa obat tetes mata penyebab mata kering?

Memang tidak semua obat tetes mata sebabkan mata kering, tapi ada sebagian obat tetes mata yang dapat menyebabkan mata kering, contoh penggunaan obat jenis tetrahydrozoline mengatasi iritasi mata, tapi jika penggunanya berlebihan maka bisa berbahaya pada pembuluh dara mata, akibatnya mata terlihat memerah dan kering sehingga membuat mata terasa gatal dan perih.