3 Makanan sehat untuk tingkatkan kesehatan Miss V

244
woman

Lontar.ID – Setiap wanita harus menjaga kesehatan area pribadinya, khususnya vagina dengan baik jika tak ingin penyakit menyerang atau mengalami masalah di area kewanitaan.

Agar dapat melakukan perawatan vagina tidak cukup dengan hanya membersihkan bagian luar organ intim tersebut. Cara merawat yang benar dan baik serta menjaga kesehatan vagina juga dapat dilakukan dengan memperhatikan konsumsi makanan sehari-hari.

Sebagai wanita, tentu perlu memberi perhatian khusus terhadap organ reproduksi. Perawatan dari luar memang penting, diantaranya menggunakan sabun pembersih khusus vagina, mengganti pembalut secara teratur, menghindari celana dalam ketat dan lainnya. Namun jangan melupakan perawatan dari dalam. Makanan pun dapat berpengaruh terhadap sehat tidaknya vagina.

Apa saja nutrisi yang dibutuhkan agar vagina tetap sehat?

     1. Jus Cranberry

Cranberry mengandung salah satu senyawa penting yakni Proanthocyanidins, yakni salah satu senyawa yang berwarna merah dan biru dalam buah berry yang fungsinya sebagai antioksidan. Proanthocyanidins akan mencegah bakteri melekat pada dinding sel-sel saluran kemih sehingga, infeksi dapat dicegah
Meski jus ini sebenarnya untuk mencegah dan mengobati saluran kemih (UTI) akibat urine yang asam, Cranberry pun baik untuk vagina. Jus Cranberry membantu menyeimbangkan kadar pH. Agar pH seimbang, rutinkan meminum segelas jus cranberry tawar setiap hari.

2. Vitamin E dan C

vitamin E mampu menjaga hormon endokrin yang berkaitan dengan kesuburan wanita. Sehingga kesuburan yang dimaksud bukanlah hanya pada saat wanita tersebut menuju masa kehamilan. Karena vitamin E inilah bersifat radikal bebas, sehingga kerusakan sel telur pada wanita akibat oksidasi mampu dihindari, Namun ternyata vitamin E juga memiliki peran penting untuk
mencegah vagina  kering,. Anda bisa mengkonsumsi gandum, biji bunga matahari, almond, walnut dan hazelnut yang kaya vitamin E. Dalam mencegah inveksi pada vagina, vitamin C pun memiliki fungsinya dalam hal ini. Seperti diketahui, sebagai penguat sistem kekebalan tubuh, vitamin C bisa mencegah infeksi.

     3. Probiotik

Para ahli memperkirakan bahwa bakteri probiotik terlibat hingga 60 sampai 80 persen dari total sistem kekebalan tubuh. Oleh sebab itu orang yang sedang memulihkan diri sangat dianjurkan mengonsumsi probiotik.
Infeksi jamur, kandidiasis dan vaginitis merupakan beberapa masalah kewanitaan yang dapat dicegah dengan mengkonsumsi probiotik. Dengan demikian, probiotik mampu meningkatkan kesehatan vagina secara keseluruhan serta membantu untuk mencegah infeksi pada vagina.