Seminggu, Polrestabes Makassar Ringkus 14 Pelaku Narkoba

130
Polrestabes Makassar
Kasat Resnarkoba Polrestabes Makassar (dua dari kiri) merilis penangkapan penyalahguna dan pengedar narkoba di Kota Makassar.

MAKASSAR, LONTAR.id – Dalam waktu seminggu, aparat Satuan Reserse Narkoba (Sat Resnarkoba) Polrestabes Makassar meringkus 14 orang pelaku tindak pidana penyalahgunaan narkotika. Mereka ditangkap di tempat dan waktu yang berbeda di Kota Makassar.

Hal itu diungkapkan Kepala Satresnarkoba Polrestabes Makassar, Komisaris Polisi (Kompol) Diari Estetika, saat menggelar pres reales di Mako Polrestabes Makassar, Jalan Ahmad Yani, Rabu (13/9/2017) siang.

“Ini khusus untuk tangkapan dalam seminggu ini. Para tersangka diamankan bersama anggota Resmob Polda Sulsel. Dari 14 pelaku tersebut ada sekitar 13 TKP penangkapan seperti Antang, Sapiria, Maccini, Galangan Kapal, jembatan merah dan beberapa tempat lainnya,” ungkapnya.

Baca juga: Kepala BNNP Pertegas Sulsel Darurat Narkoba

Diantara 14 orang penyalahguna narkoba yang diamankan tersebut, seorang diantaranya bekerja di Mapolda Sulsel sebagai Pekerja Harian Lepas (PHL), bernama Irwan, yang tinggal di Aspol Tello. Ia menjadi PHL di Polda Sulsel sejak 2001 dan mulai menjalani pidana narkotika sejak tahun 2014.

“Jadi diantara mereka ini ada juga yang menjual narkoba. Salah satunya merupakan pegawai di Polda, dia menjual di sekitar Aspol Tello,” jelas mantan Kapolsek Panakkukang ini.

Selain itu, diamankan juga Akri, pelaku yang mengalami cacat karena patah kaki. Pelaku yang menjual alat-alat motor di Maccini nyambi sebagai penjual narkotika. Akri nyambi menjual narkotika dengan mengontrol melalui HP.

“Dia (Akri) beralibi mengobati kakinya yang patah tapi kami tidak yakin dengan jumlah BB pelaku yang kami temukan. Pelaku mengontrol penjualan melalui HP karena pelaku tidak bisa ke mana-mana,” tambah Diari.

Selain itu, diamankan juga Herman Dg Saleh, yang sering datang di Sat Resnarkoba Polrestabes Makassar. Ia kerap datang untuk mengecek temannya yang ditangkap kemudian menginfokan ke rekan lainnya.

“Pelaku datang memantau temannya yang ditangkap dengan modus jual jam. Dia kemudian menyampaikan ke teman lainnya jika ada yang ditangkap,” tambah Diari.

Dari 14 orang pelaku yang diamankan tersebut, barang bukti yang diamankan 20 gram barang bukti narkotika. Selain itu diamankan juga HP, pireks dan barang bukti lainnya.

“Diamankan BB Narkotika, Pireks dan barang bukti lain yang berkaitan dengan narkotika,” pungkasnya.(WA)