Mendeteksi Gay, Straight, atau Bi Menggunakan Kecerdasan Buatan

124
Kecerdasan Buatan
Ilustrasi / Polari Magazine

LONTAR.id – Kecerdasan buatan atau biasa disebut Artificial Intelligence (AI) sekarang dapat secara akurat mengidentifikasi identitas seksual pria dan wanita melalui wajahnya.

Dalam penelitian yang akan terbit pada Journal of Personality and Social Psychology oleh Peneliti Stanford University mengungkapkan kecerdasan buatan yang diuji, dapat menyimpulkan tingkat akurasi prediksi mencapai 81 persen pada pria dan 71 persen pada wanita.

Michal Kosinski dan Yilun Wang dalam penelitian ini, mengatakan bahwa perangkat lunak AI tersebut dapat menemukan perbedaan struktur wajah yang halus antara orang gay dan straight sehingga secara akurat dapat menyimpulkan orientasi seksual mereka.

Baca Juga : 5 Alasan Kamu Kesulitan Melupakan Mantan

Ketika ilmuwan mencoba meninjau lima gambar wajah seseorang, hasilnya bahkan lebih meyakinkan 91 persen pada pria dan 83 persen untuk wanita.

Temuannya ini menunjukkan dukungan kuat untuk teori bahwa orientasi seksual seseorang berasal dari paparan berbagai hormon sebelum kelahiran.

Para peneliti di balik studi tersebut berpendapat bahwa dengan kumpulan data yang tepat, tes AI serupa dapat menemukan ciri-ciri pribadi lainnya seperti IQ seseorang atau bahkan pandangan politik mereka.

Namun, Kosinski dan Wang juga memperingatkan kemungkinan dampak berbahaya dari mesin AI tersebut pada komunitas LGBT dikarenakan temuan ini menunjukkan ancaman terhadap privasi mereka,” kata Kosinski dan Wang dalam laporan tersebut.