Ternyata Pria Lebih Cepat Pikun Dibandingkan Wanita

23
penyakit pikun
ilustrasi/internet
Lontar.id – Pria ternyata lebih cepat pikun dibandingkan wanita. Pria lebih cepat kehilangan sel-sel otak terutama yang berhubungan dengan bahasa, berpikir rasional, dan rasa bahagia. Demikian kesimpulan penelitian terhadap 34 pria dan 35 wanita usia 18-80 tahun oleh tim peneliti dari Universitas Pennsylvania yang dilansir pada 1991.

Otak yang mengalami kemunduran adalah bagian kiri, yaitu bagian yang mengontrol kemampuan yang telah disebutkan di atas. Kecepatan kemunduran ini sampai tiga kali lebih besar pada pria dibandingkan pada wanita. Otak bagian kanan mengontrol penglihatan dan kemampuan khusus dan disebutkan sebagai otak yang mengontrol kreativitas.

Menurut Prof. Ruben Gur yang terlibat dalam penelitian tersebut, penemuan ini paling tidak membenarkan anggapan selama ini bahwa daya ingat wanita tetap tajam dibandingkan pria bersamaan dengan bertambahnya usia, dan barangkali juga bisa menerangkan mengapa pria seringkali merasa tidak bahagia pada hari tuanya.

Penelitian Otak ini menggunakan teknologi mutakhir yang disebut magnetic resonance imaging (MRI), yang menghasilkan gambaran rinci mengenai otak sehat dari ke-69 peserta penelitian.

Penelitian tersebut menemukan bahwa walaupun pria dan wanita sama-sama mengalami proses kehilangan sel-sel otak seiring bertambahnya usia, tetapi kecepatan kematian sel-sel otak, yang prosesnya disebut atrofi, terjadi lebih cepat tiga kali pada pria dibandingkan pada wanita.

Kematian sel-sel otak karena bertambahnya usia sudah lama diketahui, dan pengetahuan ini sebagian besar diperoleh dari meneliti serta mengukur otak orang orang yang telah meninggal. Perbedaan berdasarkan jenis kelamin ini menunjukkan kemungkinan besar adanya peran hormon seks dalam melindungi sel-sel otak dari atrofi yang berhubungan dengan usia. Hal ini sebelumnya belum pernah diteliti.