Arsenal Raih Poin Penuh di Kandang, Kalahkan Brighton

20
arsenal
Foto: Eddie Keogh/Reuters

LONTAR.id – Arsenal sukses meraih poin penuh saat menjamu Brighton & Hove Albion dalam lanjutan Premier League, di Emirates Stadium, Minggu (1/10/2017) malam WIB. The Gunners menang 2-0 atas tim tamu.

Dalam pertandingan itu, Arsenal sudah unggul 1-0 di babak pertama. Gol dibuat oleh Nacho Monreal. Kemudian, Arsenal menggandakannya pada babak kedua yang diciptakan Alex Iwobi.

Arsenal tampil dominan dalam laga itu sejak kick-off. Tim besutan Arsene Wenger tersebut membuat ball possesion hingga 68:32 dengan membuat 15 tembakan dan sembilan yang on goal. Adapun di kubu Brighton hanya membuat tujuh tembakan dengan satu yang tepat sasaran.

Tambahan tiga poin itu membuat Arsenal menempati peringkat kelima dengan 13 poin. Kemenangan itu menjadi kemenangan keempat setelah tujuh laga dilakoni.

Adapun Brighton masih bertengger di urutan ketujuh dengan poin tujuh. Brighton sudah merasakan empat kekalahan dan baru menuai dua kemenangan.

Jalannya pertandingan

Arsenal langsung tampil menyerang sejak kick-off dengan mengancam gawang Brighton di menit kedua lewat termbakan Lacazette. Tapi, tembakannya membentur tiang gawang. Alexis Sanchez, yang mendapatkan kesempatan di depan gawang semenit kemudian, juga tak berhasil menciptakan gol.

Upaya Arsenal membuahkan hasil pada menit ke-16. Bermula dari serangan balik di sisi kanan oleh Granit Xhaka, bola membentur tiang jauh. Terjadilah kemelut di depan gawang hingga tiga kali peluang didapatkan Arsenal. Barulah tembakan Nacho yang berhasil membobol gawang Brighton. Arsenal pun unggul 1-0 atas Brighton.

Aaron Ramsey berpeluang untuk menggandakan keunggulan itu pada menit ke-33. Tapi, upayanya dihentikan barisan pemain belakang Brighton.

Di menit berikutnya, Lacazette kembali mendapatkan peluang emas. Dia berhasil melewati pertahanan tim tamu dan tanpa pengawalan menembak gawang Brighton. Tapi, kiper Brighton, Maty Ryan, berhasil meredam serangannya.

Tak ada tambahan gol hingga turun minum. Arsenal untuk sementara unggul 1-0 atas Brighton.

Memasuki babak kedua, Arsenal menurunkan tempo penyerangan tapi tetap berupaya mengecoh pertahanan Brighton. Satu peluang didapatkan Lacazette pada menit ke-49. Tapi, tembakannya berhasil diblok.

Arsenal menambah gol pada menit ke-59 lewat Iwobi. Sebuah umpan didapatkan Iwobi yang sudah berdiri di depan gawang lawan. Tembakannya tak bisa diantisipasi oleh Ryan.

Memasuki menit ke-72, Wenger membuat perubahan. Dia menarik keluar Lacazette dan menggantinya dengan Olivier Giroud. Kemudian Iwobi digantikan oleh Theo Walcott.

Tak ada tambahan gol sampai wasit meniup peluit panjang. Arsenal menang 2-0.

Susunan pemain

Arsenal: Cech, Holding, Mustafi, Monreal, Bellerin, Ramsey, Xhaka (Mohamed Elneny 83′), Kolasinac, Iwobi (Walcott 71′), Lacazette (Giroud 71′), Sanchez

Brighton: Ryan, Bruno, Dunk, Duffy, Bong, March (Schelotto 72′), Stephens, Propper, Izquierdo (Knockkaert 76′), Gross, Brown (Murray 76′)