Perdami Sosialisasi Gerakan Donor Mata di Kampus UIN

16
Donor Mata
Sosialisasi gerakan donor mata di Kampus UIN Alauddin.

MAKASSAR, LONTAR.id – Persatuan Dokter Spesial Mata Indonesia (Perdami) bekerjasama dengan Fakultas Adab dan Humaniora (FAH) UIN Alauddin Makassar menggelar talkshow sosialisasi gerakan donor kornea mata.

Kegiatan ini bertema “There is Only One Way To Live After Your Death Donate Your Eyes” dan dilaksanakan di ruangan Lecture Theather FAH UIN Alauddin, Makassar, Senin, 23 Oktober kemarin.

Sosialisasi ini dibuka langsung oleh dekan FAH UIN Alauddin, Barsihanur. Dalam sambutannya Barsihanur mengatakan, kegiatan seperti ini sangat bagus, mengingat masih minimnya pengetahuan masyarakat akan donor kornea mata.

“Kita ingin tau, apa itu perawatan mata, apa itu donor mata, karena masyarakat banyak yang belum tau. Ini juga sebuah agenda sebagai bentuk kepedulian kita terhadap kemanusiaan,” ujarnya.

Barsihanur berharap sosialisasi ini tidak sampai di sini saja. “Berharap kegiatan ini bukan pertama kali, tapi berkesinambungan, seperti pemeriksaan mata mahasiswa-mahasiswa,” harapnya.

Sementara itu, dr Hasnah, perwakilan dari Bank Mata Indonesia memaparkan bagaimana manfaat dari donor mata untuk sesama manusia.

“Kita bisa mengembalikan penglihatan orang, khususnya anak-anak yang masih memiliki pertumbuhan yang cukup lama,” paparnya.

Dia juga menjelaskan, saat ini di Indonesia jumlah pendonor masih sangat kurang. Menurutnya, ini berbanding terbalik dengan yang ingin menerima donor.

“Saat ini jumlah calon resipien sudah mencapai 170.465 orang, sedangkan jumlah calon pendonor baru sekitar 14.617,” ungkapnya.

Meski begitu, kata dia, Perdami masih terus melakukan sosialisasi ke berbagai tempat, untuk memberikan pemahaman tentang donor kornea mata, agar masyarakat yang membutuhkan donor tidak lagi mengimpor dari negara-negara lain.

“Sampai saat ini, yang membutuhkan kornea mata biasanya masih mengimpor dari negara-negara lain dengan harga yang mahal, tapi sudah tidak fresh lagi,” pungkasnya.

Donor kornea mata sendiri adalah tindakan mengambil sebagian jaringan dari bola mata, dari pendonor yang telah wafat dan dimanfaatkan untuk mengganti sebagian jaringan bola mata dari orang dengan kelainan atau penyakit mata tertentu.

Jadi, masyarakat yang ingin berpartisipasi untuk mendonorkan kornea matanya bisa langsung menghubungi nomor Hotline Bank Mata (0822 1000 6282).(*)