Hasil Penelitian IYL, Pendidikan Dasar Singapura Nyaris Sama di Gowa

Ichsan YL, foto bersama di Kementerian Pendidikan Singapura.

MAKASSAR, lontar.id – Kandidat doktor di Fakultas Hukum Universitas Hasanuddin, Ichsan Yasin Limpo (IYL), mengurai temuan penelitiannya tentang pendidikan dasar di Negara Singapura.

Selama dua hari melakukan penelitian di negara berjuluk The Lion City tersebut untuk penyusunan disertasinya, IYL yang sejak menjadi Bupati Gowa dua periode banyak melakukan gebrakan di bidang pendidikan, memberi kesimpulan sementara.

Baginya, pendidikan dasar di Singapura sebenarnya hampir sama dengan sistem yang diterapkan di Indonesia. Bahkan dulu, Singapura banyak belajar dan mengadopsi sistem pendidikan kita.

“Secara umum pendidikan di Singapura itu hampir sama yang ada di Indonesia. Cuma yang membedakan lebih pada integritas, terutama tenaga pendidik,” urai IYL saat ditanya tentang hasil penelitiannya di Singapura, Senin (12/06/17).

Ichsan yang sejak Minggu (11/06/17) sudah berada di Makassar, menuturkan, untuk pendidikan dasar di tingkat SD tidak mengenal istilah tinggal kelas, mulai dari kelas 1 sampai kelas 5. Model ini hampir sama yang diterapkan di Kabupaten Gowa melalui Sistem Kelas Tuntas Berkelanjutan (SKTB).(*)