Telkomsel Siagakan 103 Mobile BTS Saat Natal dan Tahun Baru

44

MAKASSAR, LONTAR.id – Telkomsel telah memperkuat seluruh elemen jaringan guna mengantisipasi lonjakan trafik layanan yang umumnya terjadi pada periode Natal hingga Tahun Baru. 103 unit compact mobile base station (Combat) atau mobile BTS dikerahkan di titik-titik dengan trafik komunikasi terpadat untuk menjamin kenyamanan pelanggan menggunakan layanan komunikasi, terutama pada malam pergantian tahun.

Optimalisasi jaringan dilakukan di 709 titik yang diprediksi menjadi pusat keramaian publik pada periode liburan Natal dan Tahun Baru, seperti mall dan pusat perbelanjaan, obyek wisata, alun-alun, bandara, terminal, stasiun, serta pelabuhan. Dari seluruh titik tersebut, 13 lokasi yang menjadi prioritas utama pengamanan jaringan adalah Merdeka Walk (Medan), Jam Gadang (Padang), Benteng Kuto Besak (Palembang), Ancol dan Taman Mini Indonesia Indah (Jakarta), Bandara Soekarno-Hatta (Tangerang), Botani Square (Bogor), Pangandaran (Ciamis), Alun-alun Yogyakarta, Tanjung Kodok (Lamongan), Pantai Kuta (Bali), Lapangan Merdeka (Balikpapan), Manado Town Square, dan Lapangan Merdeka (Ambon).

Telkomsel juga mengoptimalkan jaringan 4G dan 3G di 14 pusat perbelanjaan yang diperkirakan mengalami kenaikan penggunaan layanan data pada periode Natal dan Tahun Baru, yakni Medan Fair, Mall Pekanbaru, Bundaran Kelapa Gading Jakarta, Depok Town Square, Mall Living World Alam Sutera, Mall Istana Plaza Paskal Bandung, Mall Ciputra Semarang, Malang Town Square, Lippo Mall Kupang, Duta Mall Banjarmasin, Trans Studio Mall Makassar, dan Maluku City Mall Ambon.

Vice President ICT Network Management Pamasuka Samuel Pasaribu mengatakan, “Kami telah meningkatkan kualitas dan menambah kapasitas jaringan untuk memastikan kondisi jaringan tetap prima sehingga pelanggan selalu nyaman berkomunikasi selama menikmati liburan Natal dan Tahun Baru, bahkan pada kondisi trafik paling padat sekalipun. Kami juga secara rutin melakukan uji jaringan, baik dalam kondisi bergerak maupun tidak bergerak, untuk menjamin kelancaran penggunaan layanan data yang biasanya dimanfaatkan pelanggan untuk mengunggah foto atau video aktivitas pergantian tahun melalui perangkatnya.” ujarnya kepada awak media di Gedung Miring Telkomsel pamasuka, Kamis (21/12/2017).

Pada puncak periode Natal dan Tahun Baru kali ini, trafik layanan data atau payload diperkirakan meningkat 35% dibandingkan hari biasa. Umumnya pada periode ini layanan data digunakan pelanggan untuk menyaksikan video dan mendengarkan musik secara streaming, bermain online games, maupun berinteraksi di aplikasi pesan instan dan media sosial. Selain layanan data, trafik layanan SMS juga diprediksi mengalami kenaikan lebih dari 12% pada periode ini. Berbanding terbalik dengan layanan data dan SMS, trafik layanan suara diperkirakan cenderung menurun tipis, sekitar 2% dibandingkan hari normal.

Dari sisi pelayanan pelanggan, Telkomsel telah menyiagakan 592 Mobile GraPARI (MoGi) dan 359 outlet Siaga yang menyediakan kartu perdana, layanan isi ulang pulsa, serta aktivasi berbagai layanan digital. Pelanggan pun bisa memperoleh layanan di sekitar 430 GraPARI Siaga di seluruh wilayah Indonesia. Bagi pelanggan yang terbiasa menggunakan layanan pesan instan, layanan self-service GraPARI Virtual siap berinteraksi secara langsung untuk menjawab berbagai permintaan informasi seputar produk dan layanan Telkomsel selama 7 x 24 jam yang dapat diakses melalui LINE, Facebook Messenger, dan Telegram.

Pada periode Desember 2017 hingga Januari 2018, Telkomsel juga menggelar Device Vaganza, sebuah pameran penjualan perangkat bundling 4G berkualitas yang disertai berbagai penawaran istimewa. Dalam kegiatan yang berlangsung di sembilan kota tersebut, pelanggan berkesempatan merasakan digital experience yang terbaik di jaringan Telkomsel melalui serangkaian program, di antaranya “Smartphone Trade-In”, di mana pelanggan dapat melakukan penukaran gadget apapun yang dimiliknya dengan smartphone baru berkualitas, dan program cashback hingga Rp 2,5 juta untuk setiap pembelian gadgetcangggih pada gelaran ini. Di Area Pamasuka Device Vaganza dilaksanakan di Manado pada tanggal 6-10 Desember dan di Ambon tanggal 20 – 23 Desember 2017.

Dalam event tersebut, pelanggan juga berkesempatan untuk mendapatkan bonus kuota layanan data Telkomsel dengan berbagai cara, di antaranya melakukan pembelian MiFi atau smartphone, aktivasi paket Halo Kick! Double Kuota, atau melakukan penukaran SIM card 4G Telkomsel.

Secara keseluruhan, untuk melayani kebutuhan komunikasi pelanggan pada momen Natal dan Tahun Baru ini, Telkomsel telah menggelar lebih dari 158.000 BTS di seluruh Indonesia hingga penjuru Nusantara.  Lebih dari 28.000 eNode B (BTS 4G) di lebih dari 480 kota kabupaten juga disiagakan untuk memaksimalkan kenyamanan pelanggan dalam layanan data.

Kesiapan Layanan Area Pamasuka Pada  Perayaan  Natal 2017 & Tahun Baru 2018

Telkomsel Area Pamasuka teah melakukan sejumlah aktivitas untuk mengawal lonjakan trafik komunikasi pada perayaan natal dan pergantian tahun 2018.

Vice President Sales & Marketing Area Pamasuka Herry Setiawan mengatakan “Terdapat 177 titik POI (Point Of Interest) dengan klasifikasi 20 titik platinum, 94 titik gold dan 63 titik silver yang didalamnya termasuk 3 posko Crowd di Lapangan Merdeka Ambon, Manado Town Square, Lapangan Merdeka Balikpapan dan 3 posko Digital di Maluku City Mall, Trans Studio Mall, Duta Mall, serta 15 titik posko siaga di tempat wisata. Disetiap Poskonya Telkomsel menyediakan layanan selling produk, user experience dan tukar Poin untuk mendapatkan gimmick menarik dari Telkomsel”. Pelanggan juga dapat memperoleh berbagai produk minuman dengan gratis cukup dengan menukarkan TelkomselPOIN saja di seluruh posko Platinum di seluruh Area Pamasuka.

Peningkatan kapasitas network dilakukan di 176 titik  POI seperti melakukan penambahan 28 BTS baru yang tersebar di Regional Regional Area Pamasuka (Kalimantan, Sulawesi dan Papua Maluku) yang terdiri dari 9 BTS 3G dan 19 BTS 4G serta mensiagakan 24 Mobile BTS untuk mengantisipasi lonjakan trafik sehingga pada saat perayaan pergantian tahun pelanggan dapat menggunakan layanan Telkomsel dengan nyaman.

Area Pamasuka memprediksi hingga tutup tahun 2017, trafik voice meningkat 374.2 juta menit atau naik sebesar 1.69%, data payload meningkat 2304 terrabite atau naik sekitar 31.31%. Di layanan SMS diprediksi mengalami menurunan sebesar 89.7 juta, atau turun sebesar 3.38%.

Untuk memastikan ketersediaan produk dan layanan Telkomsel dalam menyambut Natal 2017 dan Tahun Baru 2018, Telkomsel Area Pamasuka menyiapkan layanan berupa 100 layanan GraPARI, 208 Mobile GraPARI  dan 1.210 Outlet Siaga. Untuk memonitor trafik jaringan, Telkomsel mendirikan 4 posko siaga yang standby 24 jam mulai tanggal 22 Desember 2017  hingga 3 Januari 2018, 1 posko siaga berada di kantor Area Pamasuka dan 3 lainnya di Regional Sulawesi, Kalimantan dan Papua Maluku.

Pada puncak perayaan Tahun Baru, tanggal 31 Desember 2017, Telkomsel menggelar kegiatan “Digital New Year Party”. Dengan bintang tamu Tiffani Afifa, pemenang Daesang KPOP World Festival 2017 dan performance DJ Ashley, acara ini digelar di GraPARI Telkomsel Jalan Andi Pangeran Pettarani Makassar dilaksanakan untuk menjalin Komunikasi dan engagement yang dinamis dengan komunitas youth dan digital kota Makassar. Rangkaian kegiatan diisi dengan Festival Band, Mobile Legend Competition, Festival k-POP Dance, T-Cash Food Festival,  DJ Performance, Fire Work, Band Lokal Performance, berbagai macam exhibition untuk mengenalkan produk digital kepada para pelanggan agar teredukasi dengan new business Telkomsel. Telkomsel juga melakukan penyerahan hadiah utama program Funtastic Shopping di MTC Karebosi Makassar berupa satu unit mobil Honda Brio kepada pemenang program Funtastic Shopping 2017.

Di moment Natal 2017 ini Telkomsel juga menggelar rangkaian kegiatan kepedulian sosial dengan tema “Saatnya Berbagi dan Melayani” di empat kota, yakni Madiun, Jawa Timur, Tomohon – Sulawesi Utara , Jakarta, dan Pematang Siantar – Sumatera Utara. Dalam kegiatan tersebut, Telkomsel menyerahkan perlengkapan kebutuhan anak kepada 5.000 anak yatim/piatu atau kurang mampu melalui berbagai yayasan/panti asuhan serta menyerahkan bantuan sarana dan prasarana ibadah kepada 40 yayasan yang berada di sekitar lokasi operasional Telkomsel.(rilis)