Rutin Bercinta Diklaim Bisa Sembuhkan Influenza

16
Ilustrasi / int

LONTAR.id – Flu Australia atau influenza yang disebabkan virus tipe A H3N2 tengah menjadi perhatian serius di sejumlah negara, termasuk Indonesia.

WHO sendiri telah memberikan rekomendasi untuk pemberian vaksin sebagai bentuk antisipasi dari flu ini. Namun tim peneliti dari Wilkes University di Pennsylvania menemukan cara asyik untuk mencegah tubuh terserang flu yang bisa memakan korban ini.

Studi yang mereka lakukan baru-baru ini menunjukkan bahwa bercinta secara rutin dapat membantu menyembuhkan seseorang dari flu Australia.

Ini karena saat pasangan melakukan hubungan seks secara rutin maka sistem kekebalan tubuhnya akan meningkat dan menghasilkan lebih banyak immunoglobulin A.

Baca juga: Cium-cium Bau Badan Pasangan Bisa Hilangkan Stres

Antibodi inilah yang kemudian melawan dan melindungi dari berbagai jenis infeksi yang menyerang manusia, termasuk virus H3N2. Demikian seperti dilaporkan The Sun.

Peneliti memastikan pasangan yang rutin bercinta sebanyak dua kali dalam sepekan memiliki jumlah immunoglobulin A 30 persen lebih banyak dibandingkan mereka yang jarang berhubungan intim.

Namun peneliti mengatakan, olahraga dan tidur cukup (7 jam dalam semalam) juga dilaporkan memiliki manfaat yang sama dalam melawan infeksi flu Australia.

Studi lain yang dilakukan oleh Touch Research Institute, University of Miami School of Medicine mengungkapkan, pijat selama 20 menit tiap seminggu sekali juga dapat menghalau virus penyebab flu Australia masuk ke tubuh.

Hal ini dikarenakan dengan dipijat, tubuh akan melepaskan lebih banyak ‘hormon bahagia’, yaitu dopamine dan serotonin yang dapat memberikan sensasi relaksasi dan meredakan stres.

Seperti kita tahu, kadar hormon stres yang tinggi dapat berdampak buruk terhadap sistem kekebalan sehingga memudahkan virus-virus jahat masuk ke tubuh. Namun peneliti menemukan dipijat dapat menurunkan kadar hormon ini hingga mencapai 53 persen.

Gejala flu Australia sendiri disebut mirip dengan flu pada umumnya, antara lain demam dengan suhu di atas 38 derajat Celcius, nyeri di seluruh tubuh, lelah, batuk, tenggorokan kering, sakit kepala dan nafsu makan hilang.

Untuk pencegahan, dapat dilakukan vaksinasi, meski mutasi pada virus flu dikatakan dapat menurunkan efektivitas vaksin hingga 20 persen.

Yang terpenting dalam mencegah penyebaran flu adalah rutin mencuci tangan dengan sabun dan menutup mulut dengan tisu ketika bersin. Bila sudah terjangkit disarankan untuk istirahat di rumah saja agar tidak menular kepada yang lain.

(SUMBER: detikcom)