Popularitas IYL Paling Tinggi di Sulsel, Tapi Tak Menjamin

23
IYL di Belanda
Ichsan Yasin Limpo (IYL) bercengkrama dengan murid-murid SD di Belanda / Ist

MAKASSAR, LONTAR.id – Ichsan Yasin Limpo (IYL) menjadi kandidat Calon Gubernur Sulawesi Selatan dari jalur perseorangan, yang paling tinggi tingkat popularitasnnya di antara delapan tokoh peserta Pilgub Sulawesi Selatan 2018, berdasarkan survei Populi Center.

Tingkat popularitas Ichsan Yasin Limpo mencapai 75,9 persen. Kemudian disusul Agus Arifin Nu’mang (AAN) yang kini masih menjabat sebagai Wakil Gubernur Sulsel dengan 72 persen, Nurdin Halid (NH) 68,9 persen, dan Nurdin Abdullah (NA) yang masih menjabat Bupati Bantaeng dengan 67,1 persen.

Int

Kemudian ada Abdul Aziz Qahhar Mudzakkar (Wakil NH) 61,8 persen, Andi Mudzakkar atau Cakka (Wakil IYL) 41,4 persen, Tanribali Lamo atau TBL (Wakil AAN) 24,8 persen dan Andi Sudirman Sulaiman (Wakil NA) 23,1 persen.

“Beberapa tokoh mengalami kenaikan presentase popularitas, namun tokoh yang paling konsisten mengalami kenaikan sejak April 2017 adalah Ichsan Yasin Limpo,” kata peneliti Populi Center Dimas Ramadhan, dalam paparan survei di Jakarta, Kamis (1/2/2018).

int

Ichsan Limpo juga menduduki peringkat pertama dengan penilaian positif tertinggi yaitu sebesar 65,5 persen. Berturut-turut setelahnya yaitu Agus Arifin Nu’mang (64,8 persen), Nurdin Abdullah (59,1 persen), dan Abdul Aziz Qahhar Mudzakkar (53,8 persen).

Meski begitu, menurut peneliti the Centre for Strategic and International tudies (CSIS) Arya Fernandes, popularitas tinggi tidak menjamin seseorang bakal dipilih menjadi pemimpin.

int

“Belum tentu orang yang sangat populer, itu memberikan insentif positif bagi keterpilihan elektoralnya. Banyak orang populer, Rhoma Irama, kemudian siapa lagi. Tetapi ketika (responden) ditanya akan memilih dia enggak, nah, belum tentu memilih,” kata Arya, dikutip dari Kompascom.

Selain popularitas, menurut Arya, aspek akseptabilitas terhadap hal-hal yang memiliki kecenderungan positif juga mempengaruhi keterpilihan elektoral seorang kandidat.

Dari sisi akseptabilitas, Nurdin Abdullah menduduki peringkat pertama. Seperti pada pertanyaan siapa kandidat yang dianggap paling bersih dari korupsi.

int

Sebanyak 25,5 persen responden menjawab Nurdin Abdullah, disusul Ichsan Limpo (11,3 persen). Begitu pula dengan pertanyaan siapa kandidat yang dianggap paling berani memberantas korupsi.

Sebanyak 24,1 persen responden menjawab Nurdin Abdullah, dan sebanyak 12,5 persen menjawab Ichan Yasin Limpo.(Wandy)