Terima 204 Laporan, Polda Segera Periksa Bos Abu Tours

Abu Tours
Gedung Abutours-Abucorp di Jalan Kakatua Kota Makassar, Sulawesi Selatan.(INT)

MAKASSAR, LONTAR,id – Kepolisian Daerah (Polda) Sulawesi Selatan telah menerima sebanyak 204 laporan dari calon jemaah Biro Perjalanan Haji dan Umrah Abu Tours yang merasa dirugikan.

Untuk itu, penyidik Polda Sulsel akan memanggil pemilik Travel Abu Tours untuk diperiksa. Rencana pemanggilan tersebut disampaikan Kabid Humas Polda Sulsel, Kombes Pol Dicky Sondani, kepada wartawan, Jumat (16/2/2018).

“Sudah banyak laporan yang kami terima. Nanti kami akan lakukan pemanggilan terhadap pemiliknya Abu Tours untuk diperiksa,” kata Kombes Dicky.

Rencana pemanggilan tersebut menurut Dicky, berkaitan dengan ratusan jemaah yang melapor karena tidak diberangkatkan ke Tanah Suci Mekkah untuk menunaikan ibada oleh Abu Tours.

Dicky nenyebut, hingga saat ini lebih dari 200 orang telah melapor ke posko pengaduan yang telah disiapkan Polda Sulsel, di bawah kendali Ditkrimsus Polda Sulsel.

“Terkait kasus Abu Tours ini, sudah ada 204 jemaah yang melapor ke pengaduan Abu Tours di Mapolda Sulsel. Mereka kita proses, sudah ada laporan polisinya,” imbuhnya.

Dari 200 lebih aduan yang diterima Polda tersebut, Dicky mengatakan jemaah melaporkan Abu Tours dengan tuduhan penipuan, di mana mereka dijanji untuk diberangkatkan umrah namun tidak ditepati.

“Para pelapor ini merasa ditipu pihak Abu Tours, selain tak diberangkatkan uang mereka juga tidak dikembalikan,” tandasnya.

Sebelumnya, Ditreskrimsus Polda Sulsel telah menyediakan posko pengaduan jemaah Abu Tours yang tak kunjung diberangkatkan.(Wandy)