Ini Cara Kenali Gejala Terkena Asam Urat

36
Ilustrasi / int

LONTAR.id – Asam Urat adalah salah satu masalah kesehatan yang sering dikhawatirkan orang dewasa. Namun kini tren tersebut justru sudah bergeser pada orang di usia muda.

Asam urat atau disebut gout adalah bentuk artritis yang disebabkan adanya penumpukkan asam urat di aliran darah, yang kemudian membentuk kristal di salah satu sendi. Hal ini lah yang menyebabkan timbulnya nyeri sendi dan pembengkakan.

Baca juga: Ketahui Pertolongan Pertama dan Gejala Serangan Jantung

Penyakit ini bisa menyerang siapa saja. Nah, untuk mewaspadainya kita harus mengetahui apa saja tanda atau gejala dari asam urat ini. detikHealth rangkum dari beberapa sumber, berikut gejalanya.

1. Nyeri di persendian

Asam urat biasanya memengaruhi sendi besar di jempol kaki, tapi bisa juga menyerang persendian lain. Persendian lain yang sering terkena asam urat ialah pergelangan kaki, lutut, siku, pergelangan tangan, dan jari-jari.

Rasa sakit biasanya paling parah saat empat sampai 12 jam pertama, kemudian bisa mereda. Tetapi rasa nyeri ini bisa hadir tiba-tiba, misal pada saat tengah malam.

2. Peradangan dan kemerahan

Dalam beberapa kasus, sendi yang terkena asam urat akan merah dan sakit serta terasa panas. Ketika kristal asam urat menetap di sendi, mereka memicu pembengkakan dan speradangan yang hebat. Setelah rasa sakit mereda, persendian tersebut akan terasa tidak nyaman yang berlangsung dalam jangka waktu yang lama.

3. Sendi menjadi kaku

Karena penumpukkan asam urat di persendian bisa menyebabkan terbatasnya rentang gerak si sendi tersebut atau menjadi kaku. Ketika sakit mereda, biasanya kekakuan sendi ini masih terasa.

4. Ada benjolan

Jika asam urat sudah menumpuk banyak dan dalam jangka waktu yang lama, kristal dapat membentuk benjolan di bawah lapisan kulit di sekitar sendi. Itu disebut tophi. Dan jika kristal menumpuk di saluran kemih, mereka bisa membentuk batu ginjal.