Megawati Umumkan PDIP Resmi Usung Jokowi di Pilpres 2019

PDIP Resmi Usung Jokowi Capres 2019 Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan Megawati Soekarnoputri resmi mengusung Joko Widodo sebagai calon presiden di Pilpres 2019. (Screenshot via Twitter/@PDI_Perjuangan)

LONTAR.id – Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) resmi kembali mengusung Joko Widodo (Jokowi) sebagai calon presiden di Pilpres 2019 mendatang.

Keputusan tersebut diumumkan langsung oleh Ketua Umum PDI Perjuangan, Megawati Soekarnoputri, dalam rapat kerja nasional (rakernas) ke-III PDIP di Bali, Jumat (23/2/2018).

Politikus PDI Perjuangan, Aria Bima mengungkapkan alasan utama pencalonan kembali Jokowi sebagai bakal calon presiden yang diusung pada Pilpres 2019.

Menurutnya, pengusungan itu karena aspirasi masyarakat yang masih menginginkan mantan Gubernur DKI Jakarta itu sebagai presiden periode 2019-2024.

“Itu sebagai bentuk penghormatan PDI Perjuangan terhadap aspirasi rakyat yang masih menginginkan Jokowi sebagai presiden,” kata Aria, dilansir CNNIndonesia.com.

Aria menambahkan, Jokowi dipilih supaya melanjutkan pembangunan, baik infrastruktur dan manusia secara merata serta berkesinambungan di seluruh Indonesia.

“Mengganti pemimpin di tengah pembangunan hanya akan menimbulkan sia-sia belaka. Jadi, jika boleh diibaratkan Jokowi itu, meminjam istilah Presiden Lincoln, jangan mengganti kuda saat menyeberangi sungai,” ujar anggota Komisi VI DPR ini.

Sementara, Presiden Joko Widodo mengaku kembali diusung untuk maju sebagai calon presiden 2019-2024 oleh Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri yang menggunakan hak prerogatifnya saat Rakernas III PDI Perjuangan, Sanur, Bali.

Atas kepercayaannya itu, Jokowi mengucapkan terimakasih kepada Megawati yang kembali memberikan kepercayaan melalui pencalonannya tersebut.

“Saya mengucapkan terima kasih atas kepercayaan yang diberikan terlebih dengan tema Rakernas ketiga adalah pola Pembangunan Berdikari untuk Indonesia Raya,” ujar Jokowi.

Mantan Wali Kota Solo ini mengatakan, dirinya akan memegang prinsip Berdikari yang ditekankan oleh Megawati untuk melanjutkan kinerjanya.

“Spirit berdikari inilah yang dipesankan oleh Ketum Megawati terutama dalam hal pangan energi pertahanan dan keuangan,” kata dia.(*)