5 Hal Ini Kemungkinan Tanda Adanya Masalah Pada Hati

43
Ilustrasi / internet
LONTAR.id – Hati termasuk organ paling penting dalam tubuh mahluk hidup. Tidak hanya berfungsi sebagai filter untuk darah saja. Tetapi hati juga menghasilkan hormon, menyimpan energi, dan membuat senyawa yang memungkinkan usus mencerna makanan. Dan itu baru beberapa fungsi penting yang dilakukan oleh hati. Ketika hati bermasalah, tubuh akan menunjukan tanda-tanda yang bisa kamu waspadai.

Penyakit liver tergolong berbahaya dan mematikan jika sudah menginjak stadium berat. Menurut dokter spesialis penyakit dalam, DR Dr Rino Alvani Gani, SpPD, K-GEH, FINASIM, penyakit liver biasanya disebabkan oleh 3 hal yang juga berbahaya.

Baca juga: Bahayanya Patah Hati, Bisa Sebabkan 5 Hal Ini Pada Tubuh

“Paling sering virus hepatitis B, hepatitis C, kemudian perlemakan hati,” ujarnya kepada detikHealth beberapa waktu lalu.

Dilansir detikHealth dari Prevention, Senin (26/2/2018), berikut ini gejala-gejala yang hadir ketika seseorang mendapati adanya kerusakan atau masalah yang bisa mempengaruhi kondisi kesehatan seseorang. Waspadai dan sampaikan pada orang terkasih mengenai ciri-cirinya.

1. Sakit perut

Merasa sakit, bengkak, atau pegal di kuadran kanan atas bagian perut Anda tanda bahwa hati seseorang mungkin dalam bahaya, kata Bruce Bacon, MD, profesor internal medicine dan chair of gastroenterology di St. Louis University School of Medicine. Hati membungkus sebagian besar rongga perut, dan berbentuk seperti irisan, dan ujungnya ditempatkan pada sisi kanan. Jika rusak atau meradang, kamu mungkin merasakannya sakit di sekitaran sana.

Di samping itu, perut yang berukuran terlalu besar atau pergelangan kaki yang bengkak ditambah dengan lengan dan kaki yang kurus dan lemah bisa diakibatkan oleh ketidakseimbangan cairan yang disebabkan oleh hati yang sakit. Pemborosan otot ini juga bisa muncul di atas pipi dan di sekitar pelipis. Tapi ini adalah gejala penyakit hati stadium akhir.

2. Mata kuning [next]