SYL Harap Himtani Majukan Nelayan dan Petani

27
ist

MAKASSAR, LONTAR.id – Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel) Syahrul Yasin Limpo (SYL) bersilaturrahim bersama pengurus Himpunan Tani dan Nelayan Indonesia (Himtani) DPD Sulawesi Selatan di Ruang Pola Kantor Gubernur Sulsel, Rabu (28/2).

Gubernur hadir pada pelantikan pengurus Himtani Sulsel periode 2017/2020. SYL berharap, perhimpunan ini memiliki makna dan manfaat bagi petani dan nelayan yang ada di Indonesia.

“Himpunan ini harus memiliki makna bagi nelayan dan petani, memastikan terdapat kemajuan di partanian dan nelayan. Mampu mengumpulkan harapan dan kebutuhan rakyat,” kata SYL.

SYL juga berharap perhimpunan ini mampu mendorong pertanian dan kelautan yang ada. Misalnya, pertanian Sulsel bergerak menuju agro industri.

“Besok itu harus diagroindustrikan, muaranya itu harus dipersiapkan,” harapnya.

Diketahui, di bidang tanaman pangan, beras Sulsel berkontribusi sekitar 7,2 persen sedangkan jagung sekitar 8,8 persen terhadap produksi nasional. Dari capaian beras berhasil mencapai Surplus sekitar 2,7 juta ton sehingga mampu menyediakan kebutuhan suplai beras di banyak provinsi.

Sektor ekonomi Sulsel terus tumbuh menggeliat. Tahun 2017 pertumbuhan rata- rata 7,23 persen diatas nasional yang hanya 5,05 persen. Angka ini menempatkan Sulsel berada pada urutan kedua.

Nilai PDRB mencapai 418,9 triliun meningkat 10,35 persen dari tahun sebelumnya dan pendapatan perkapita sebesar Rp48,21 juta pertahun, meningkat 9,29 persen.

Sementara itu Ketua Himtani Sulsel Andi Ahmad Sukarno menyebutkan bahwa pada pelantikan ini terdapat 80 pengurus yang dilantik. Selain itu organisasi yang dipimpinnya siap bermitra dengan pemerintah dalam memajukan dan mensejahterakan petani dan nelayan.

“Himtani siap bermitra dengan pemerintah dan perusahaan-perusahaan,” ucapnya.(*)