Coba 5 Teh Herbal Ini Jika Merasa Cemas Berlebihan

teh herbal / int

LONTAR.id – Menghadapi situasi yang tidak diketahui atau jarang terjadi kerap memunculkan rasa cemas berlebihan. Jika mengalami hal itu, kita biasanya akan mulai berkeringat, tangan gemetar, denyut jantung tinggi, dan merasa takut. Namun, tidak usah khawatir karena rasa cemas bisa diatasi.

Dilansir step to health, rasa cemas bisa diatasi dengan mengonsumsi beberapa obat herbal, termasuk jenis-jenis teh. Berikut adalah lima teh herbal yang dapat membuat lebih tenang ketika sedang merasa cemas.

1. Teh lavender

Bunga yang harum ini memang memiliki sifat penenang yang baik guna mengatasi rasa cemas. Tak hanya itu, aromanya yang nikmat dapat melegakan sistem saraf. Anda yang mengalami insomnia pun baik untuk bisa mengonsumsi teh ini.

Anda dapat meminum teh lavender kering yang ditambahkan dengan satu sendok teh madu. Minum teh ini saat Anda merasa gugup dan lakukan ini paling tidak dua kali sehari.

2. Teh passiflora

Tak hanya indah, bunga ini memiliki khasiat yang baik bagi keseimbangan emosi Anda. Efek sedatif yang terkandung dalam passiflora dapat membantu koordinasi sistem saraf dalam mengatasi rasa cemas atau gugup.

Selain itu, senyawa yang terkandung di dalamnya dapat mengurangi produksi hormon stres. Anda dapat meminum teh passiflora dua gelas setiap harinya, terutama saat rasa cemas melanda.

3. Teh selada air

Selain untuk sayuran, selada air pun dapat direbus menjadi teh. Minuman ini dipercaya dapat menghilangkan racun dalam tubuh melalui sifat detoksifikasi dan antiinflamasi yang dimilikinya.

Tak hanya itu, teh selada air pun memiliki efek menenangkan stres, gugup, bahkan gangguan tidur. Anda dapat meminum teh selada air saat merasa cemas atau gugup.

4. Teh oregano

Mungkin Anda sering menemukan bahan makanan ini pada masakan khas Italia. Namun, jika dibuat teh, oregano dipercaya dapat menjadi antibiotik dan analgesik alami. Hal ini dapat berguna untuk menenangkan kegugupan, mengatasi insomnia dan kegelisahan.

Senyawa yang terkandung dalam oregano dapat mengatur aktivitas sistem saraf. Hal ini akan membuat Anda menjadi tidak mudah gemetar, tersinggung, dan takut. Anda dapat menikmati teh oregano di tengah hari dan sebelum tidur.

5. Teh lemon balm

Segelas teh lemon balm dapat menjadi obat menenangkan yang dapat mengendalikan ketidakseimbangan, tekanan, dan kesulitan tidur. Selain itu, efek analgesik yang terkandung dalam teh lemon balm dapat mengurangi sakit kepala akibat rasa cemas.

Anda dapat mengonsumsi teh lemon balm ini saat rasa cemas mulai muncul. Minumlah dua hingga tiga kali sehari.(*)