Jika Sedang Alami 6 Hal Ini Sebaiknya Jangan Main Smartphone

17
ilustrasi / net

LONTAR.id – Smartphone kini menjadi salah satu benda wajib bagi setiap orang. Selain untuk berkomunikasi dengan mudah, telepone pintar ini juga bisa digunakan untuk mengerjakan berbagai macam pekerjaan, bersosial media dan bermain game.

Hal inilah yang membuat orang-orang kecanduan dengan smartphone. Bahayanya, kecanduan smartphone juga bisa mengganggu kesehatan manusia lho. Untuk itu, berhentilah bermain smartphone jika sudah merasakan hal ini:

1. Sakit Punggung dan Leher

Menurut riset dari The British Chiropractic Association, Inggris, kebanyakan orang akan menunduk untuk menatap layar smartphone 8-10 jam per hari. Pastinya, hal yang sangat berlebihan ini mempunya dampak yang buruk.

Bagian leher dan punggung akan mengalami stres dan tekanan berlebih yang bisa membuat pengguna smartphone mempunyai penyakit kronis di bagian belakang dan leher.

2. Susah Tidur

Gadget yang biasa kamu gunakan sebelum tidur ternyata dapat membahayakan. Ini semua karena cahaya yang dipancarkan oleh layar smartphone akan menekan pelepasan melantonin yang berfungsi untuk
membantu proses tidur.

Dilansir laman Jalantikus, ini membuat pikiran pengguna smartphone masuk ke dalam ‘default mode network’, yaitu kondisi setengah sadar. Pengidap susah tidur atau insomnia sendiri beresiko tinggi terkena penyakit jantung, hipertensi, dan diabetes.3.

3. Sakit Kepala

Percaya atau tidak, menerima cahaya dari layar smartphone secara terus menerus, terlebih dalam kondisi gelap dan tingkat pencahayaan layar dalam kondisi penuh, dapat menimbulkan sakit kepala. Jika kamu tidak berhenti bermain smartphone ketika sudah merasakan sakit kepala, kamu juga akan merasakan rasa mual dan keringat dingin.

4. Mata Sakit

Masih ingat dengan larangan orang tua ketika kita masih kecil tentang dilarang menonton televisi dalam jarak yang dekat? Ternyata hal ini juga berlaku untuk smartphone. Semakin sering bermain smartphone dalam jarak terlalu dekat dengan mata, dalam kondisi tiduran, dan ruangan yang gelap, akan membuat kamu menderita rabun jauh lho!

5. Jari-jari Tangan Nyeri

Jika kamu tidak berhenti-henti mengetik dan scrolling smartphone kamu, bisa-bisa kamu akan mengalami tendinitis di pergelengan dan jari-jari kamu. Tendinitis sendiri mempunyai arti peradangan yang terjadi pada
urat-urat. Bila kamu mengabaikan gejala ini, bisa-bisa kamu akan merasakan mati rasa sampai kerusakan otot di bagian tangan kamu yang nyeri lho.

6. Nomophobia

Nomophobia adalah singkatan dari ‘no-mobile-phone phobia’. Phobia ini biasanya terjadi kepada orang-orang yang sudah sangat kecanduan dengan smartphone. Penderita akan mengalami perasaan cemas, berkeringat, mual, bahkan sampai gemetar jika dijauhkan dari smartphone mereka.