KPU Makassar Resmi Lawan Appi-Cicu di MA

48
Kuasa Hukum KPU Makassar, Marhumah Majid, di PT TUN Makassar, Senin (26/3/2018). / int

MAKASSAR, LONTAR.id – Setelah Pengadilan Tinggi Tata Usaha Negara (PT TUN) mengabulkan gugatan pasangan calon wali kota dan wakil wali kota Makassar nomor urut 1, Munafri Arifuddin-Andi Rahmatika Dewi (Appi-Cicu), kini Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Makassar resmi mengajukan kasasi ke Mahkamah Agung (MA).

Perlawanan hukum di tingkat Mahkama Agung itu didaftarkan oleh KPU Makassar melalui PT TUN Makassar, Jalan AP Pettarani, Senin sore (26/3/2018).

“Saya mewakili KPU Makassar menyatakan, pada hari ini kami resmi megajukan kasasi dan menyerahkan memori kasasi sebagai salah satu upaya yang dapat kami lakukan sebagai pihak yang tidak menerima putusan PT TUN Makassar,” tegas Kuasa Hukum KPU Makassar, Marhumah Majid, usai pendaftaran kasasi.

Menurut Marhumah, perlawanan di tingkat kasasi dilakukan dengan alasan bahwa semua tugas dan tanggungjawab KPU Makassar selaku penyelenggara pemilu dalam menentukan pasangan calon yang lolos dalam ajang Pilwalkot Makassar 2018 telah dilaksanakan dengan baik.

“Alasannya adalah bahwa KPU Kota Makassar ini merasa sudah melakukan semua tugasnya sesuai dengan kewenangannya dalam melakukan verifikasi terhadap persyaratan pasangan calon sebelum melakukan penetapan,” tandasnya.

Lebih lanjut, menurut Marhumah, nomor pendaftaran kasasi KPU Makassar tetap sesuai dengan nomor perkaranya.”Nomor register perkaranya tetap nomor 6,” sebutnya.

Sementara, Humas PT TUN Makassar, Muh Ilham Lubis menyebut, PT TUN resmi menerima pengajuan permohonan kasasi KPU Kota Makassar, untuk ditujukan ke Mahkamah Agung (MA).

Memori kasasi yang diajukan Kuasa Hukum KPU Makassar tersebut, dengan nomor perkara: 6/G/Pilkada/2018/PT.TUN.MAKASSAR, telah diterima panitera PT TUN Makassar, pada Senin (26/3/2018).

“Jelas, karena Ketua KPU Makassar telah mengirimkan memori kasasinya, jadi secara hukum sah,” terangnya.

Menurutnya, berdasarkan UU Nomor 10 Tahun 2016 ayat 154 pasal 7,8,9,10, kasasi memang dapat diajukan oleh pihak yang merasa dirugikan atas putusan PT TUN pada sidang perkara sebelumnya.

“Setelah ini ajuan kasasi harus diputuskan paling lambat 20 hari kerja, setelah ajuan kasasi tersebut diterima dan diregistrasi oleh MA,” jelasnya.(*)