Polda Sulsel Amankan 5 Kg Sabu Asal China, Dua Orang Ditangkap

46
ist

MAKASSAR, LONTAR.id – Kepolisian Daerah (Polda) Sulawesi Selatan berhasil mengungkap upaya penyelundupan narkotika jenis sabu-sabu seberat 5 kilogram (Kg) yang berasal dari Negara China.

Barang haram senilai Rp5 Miliar lebih tersebut diamankan dari tangan tersangka berinisial HS, warga Kabupaten Gowa, Sulsel, di Hotel RAZ Medan, baru-baru ini.

Hal itu diungkapkan oleh Kepala Polda Sulsel, Irjen Pol Umar Septono, Senin (30/4/2018) saat melakukan konfrensi pers, di Mapolda Sulsel, Jalan Perintis Kemerdekaan, Kota Makassar.

Menurut Irjen Umar, sabu sebanyak 5 Kg tersebut dikendalikan narapidana dari beberapa Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) yang ada di Indonesia, yang merupakan jaringan internasional.

“Anggota Subdit II Ditresnarkoba Polda Sulsel mengamankan dua orang tersangka yaitu HS alias Hengki dan HW alias Haitje. Barangnya (sabu) dari negara China, kemudian dikirim ke Malaysia untuk diteruskan ke Makassar,” ungkap Umar, yang disaksikan Anggota DPR RI, Akbar Faisal.

Umar menambahkan, sabu tersebut dikendalikan dari Lapas Denpasar, Lapas Suka Miskin Bandung dan Lapas Tanjung Gusta. Pengungkapan itu berkat hasil penyelidikan dari tersangka AL yang telah tertangkap pada tahun 2016 lalu dan saat ini mendekam di Lapas Bolangi Makassar.

“Atas informasi atau penyelidikan tersebut, anggota melakukan pengejaran terhadap HS. Setelah mendapatkan informasi bahwa HS akan mengambil sabu di Medan untuk dijual di Makassar, pada tanggal 19 April 2018, anggota membuntuti tersangka (HS) dan berhasil mengamankan tersangka di Hotel RAZ Medan pada tanggal 24 April 2018 lalu,” ujarnya.

“HS merupakan bandar narkoba dan juga DPO Polda Sulsel sejak 2016 lalu dan HW merupakan kurirnya yang juga ikut diamankan di Medan. Selain sabu kami juga mengamankan sejumlah pil ekstasi,” ungkapnya.

Kedua tersangka untuk saat ini telah diamankan di Mapolda Sulsel untuk dilakukan proses hukum lebih lanjut. Tersangka terancam hukuman maksimal hukuman mati.(wan)