SMPN 18 Makassar Adakan Kompetisi Kreatifitas Pramuka Penggalang

ist

MAKASSAR, LONTAR.id – Sebanyak 9 Sekolah Menengah Pertama (SMP)/MTs se-Mamminasata memperebutkan piala bergilir putri dan putra Tingkat Penggalang Gerakan Pramuka SMP Negeri 18 Makassar Gugus Depan Makassar 10-061-10-062, Sabtu, (5/5/2018) sampai Minggu (6/5/2018). Kegiatan tersebut dibuka oleh Kadis Pendidikan Kota Makassar, Mukhtar Tahir didampingi Kepala Sekolah SMPN 18 Makassar Muhammad Guntur.

Dalam sambutannya, Kadis Pendidikan Mukhtar Tahir menyampaikan jika kegiatan ini merupakan kebanggaan dan patut di contoh. Dikatakannya, kegiatan yang dilakukan oleh SMPN 18 sangat diapresiasi dan berharap agar bisa menjadi contoh bagi sekolah lainnya.

“Dilihat dari kerapihan, kebersihan lokasi lomba saya lihat ada keseriusan hingga membuat saya pribadi bangga hadir disini. Saya harapkan para peserta kedepankan sportifitas. Selain untuk mempererat silaturahmi sekaligus menjauhkan pengaruh negatif. Saya yakin melalui Pramuka akan banyak membentuk perubahan pada anak didik,
menciptakan anak-anak yang tangguh dan bernilai positif di tengah masyarakat. Saya juga kagum dengan hadirnya media pers yang bersinergi,” ujarnya.

Lomba Kreatifitas Pramuka Penggalang meliputi Lomba tiang bendera kreasi putra dan putri, lomba PHBS gabungan, lomba keterampilan baris-berbaris putra dan putri, lomba vocal group gabungan, lomba semaphore dan lomba administrasi putra dan putri. Kegiatan kompetisi tersebut diikuti sembilan sekolah masing-masing dari SMPN 9 Makassar, SMPN 13 Makassar, SMPN 19 Makassar, SMPN 29 Makassar, SMPN 37 Makassar, SMP PGRI 3 Makassar, SMP Wahyu Makassar, SMP Hang Tuah Makassar dan SMPN 1 Bajeng.

Kegiatan ini digelar Gudep 10-061 dan 10-062 SMPN 18 Kota Makassar. Sedikitnya ada 147 peserta yang terdiri dari regu putra dan regu putri dari masing-masing sekolah.

Kadis Pendidikan Kota Makassar Mukhtar Tahir menambahkan, kegiatan ini baru pertama kali digelar. Tujuannya untuk mewadahi dan memfasilitasi pramuka-pramuka penggalang yang ada di SMP/MTs di Kota Makassar.

“Selain itu, kegiatan ini juga untuk mengukur sejauh mana keterampilan yang mereka miliki jika dikompetisikan bersama penggalang se-Mamminasata. Kegiatan ini juga untuk mempererat silaturrahmi agar saling mengenal antar penggalang, serta agar lebih mengenal lagi pangkalan Pramuka yang ada, yang tentunya sangat positif dan akan
kita support,” katanya.

Sementara itu Kepala Sekolah SMPN 18 Kota Makassar Muhammad Guntur sebagai Dewan Pembina Gudep Makassar 10-061-10-062 menambahkan, dalam kegiatan kompetisi kreatifitas Pramuka Penggalang ini setiap lomba yang diadakan disesuaikan dengan kesukaan anak zaman sekarang yang dikaitkan dengan bidang Pramuka. Kegiatan tersebut kata dia, memperebutkan piala bergilir putra dan putri Walikota Makassar.

“Semua rangkaian lomba yang kami adakan memang benar-benar murni berkaitan dengan Pramuka. Peserta lomba Kreatifitas Pramuka Penggalang ini sangat antusias,” ujar Muhammad Guntur. (*)