7 Buah Ini Baik Dikonsumsi Saat Sahur dan Berbuka

57

MAKASSAR, LONTAR.id – Ketika berpuasa biasanya tubuh terasa lemas dan tak bertenaga. Karena itu, penting untuk menjaga asupan makanan bernutrisi agar tubuh tetap fit selama berpuasa.

Mengonsumsi buah-buahan adalah salah satu caranya. Sebab, buah kaya akan serat dan vitamin. Melansir dari pergikuliner.com, berikut 7 jenis buah yang dianjurkan untuk dikonsumsi saat sahur dan berbuka.

1. Alpukat

Mengonsumsi alpukat saat bulan puasa mampu menurunkan kolestrol dalam tubuh serta menurunkan berat badan. Tak hanya itu, buah yang kaya akan zat besi, vitamin B, dan lemak baik ini dapat menjadi sumber energi bila dikonsumsi saat sahur.

2. Apel

Tak jauh berbeda dengan alpukat, apel juga dapat menurunkan kadar kolestrol dalam darah. Selain itu, mengonsumsi apel saat berbuka dapat menekan nafsu makan yang terlalu besar saat berbuka. Malahan, buah yang kaya vitamin A, B, dan C ini dapat membuatmu kenyang lebih lama bila dikonsumsi saat sahur.

3. Pisang

Buah yang kaya vitamin A, B1, B2, dan C ini dapat menekan asam lambung. Daging buahnya yang lembut dapat melapisi dinding lambung sehingga cocok dikonsumsi penderita maag yang berpuasa. Pisang juga dapat membantu menjaga keseimbangan air dalam tubuh.

4. Blewah

Buah blewah yang berdaging lembut dan rasanya manis memiliki fungsi absorpsi yang dapat membantu penyerapan zat-zat dalam makanan. Malahan, buah yang kaya vitamin A ini juga mampu membantu menyerap zat-zat yang tak diperlukan dari makanan berbumbu, endapan obat-obatan, bahkan mengatasi mual akibat asam lambung

5. Kelapa

Air kelapa memiliki kandungan isotonik yang dapat mengganti cairan tubuh yang hilang serta dehidrasi. Air kelapa juga bisa mengobati lambung yang perih saat asam lambung meningkat.

Malahan, penderita darah tinggi dan diabetes dianjurkan untuk meminum air kelapa saat berbuka karena dapat mengontrol kadar gula dalam darah serta menurunkan kadar kolestrol.

6. Pepaya

Dikenal sebagai buah yang baik untuk sistem pencernaan, pepaya mengandung banyak vitamin C dan pro-vitamin A yang membantu memecah serat makanan dalam sistem pencernaan. Pepaya juga dapat mengurangi rasa mual saat pertama kali berbuka puasa.

7. Kurma

Kurma/int

Identik dengan bulan puasa, kandungan glukosa yang tinggi dalam kurma menjadi alasan buah ini direkomendasikan sebagai menu berbuka. Kandungan kurma yang 55%-nya glukosa dan 45%-nya fruktosa membantu mengembalikan energi yang hilang setelah seharian berpuasa.

(Sumber : liputan6.com)