Kemendikbud Kembali Gelar Workshop Kritik Film di Makassar

MAKASSAR – Pusat Pengembangan Perfilman Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Pusbang Kemendikbud) kembali menggelar workshop Kritik Film atau Semiloka, di Kota Makassar.

Kegiatan ini dilakukan selama 2 hari, yakni tanggal 18 sampai 19 juli 2018. Workshop Kritik Film ini sudah dua kali digelar di Makassar. Sebelumnya dilaksanakan pada September 2017 lalu.

Semiloka yang dilaksanakan di Hotel Gammara ini menghadirkan 40 peserta dari kalangan insan perfilman, media massa, akademisi, seniman dan pemerhati film di Sulsel.

Shandy Gasella, selaku fasilitator Semiloka mengatakan, kegiatan ini diharapkan mampu menghadirkan kritikus-kritikus film, sekaligus menambah wawasan dari kritikus film yang tahun sebelumnya sudah mengikuti kegiatan ini.

“Begitu banyaknya materi tentang penulisan kritik film dari berbagai narasumber memang tidak dapat selesai disampaikan dalam satu event, perlu dibuat berseri atau bertahap agar materi-materi tersebut dapat disampaikan dengan baik,” jelas Shandy.

Shandy menambahkan, kegiatan ini sejalan juga dengan misi Pusat Pengembangan Perfilman Kemendikbud RI dalam membangun literasi dan apresiasi terhadap film.

Narasumber yang berkompeten dihadirkan dalam kegiatan tersebut. Seperti sutradara ternama Nurman Hakim, dosen Filsafat di Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Indonesia, Tommy F Awuy dan kritikus film senior Wina Armada Sukardi.

Narasumber lainnya yakni Bre Radana, Niniek L Karim, David Hanan dan Ilham Bintang.

“Antusias kritikus film di Makassar sangat tinggi sehingga kami di Pusbang Perfilman Kemendikbud itu kembali menunjuk Makassar untuk diadakan kegiatan ini. Hanya dua kota, termasuk Jakarta,” tutup Shandy.(*)