Lontar.id – Facebook dan PayPal resmi mengguyur Gojek dengan dana investasi. Hal itu dibenarkan Gojek, Rabu (3/6).
Gojek menjadi perusahaan Indonesia pertama yang diberi investasi oleh Facebook, seiring dengan keinginan Facebook menciptakan peluang bagi dunia bisnis di Indonesia, termasuk melalui layanan pesan instan yang sudah digunakan secara luas yakni Whatsapp.
Bergabungnya Facebook dan PayPal sebagai investor, menyusul Google dan Tencent yang sudah lebih dulu berinvestasi. Tahu begitu, Google dan Tencent kembali menambah investasi mereka. Kini, Gojek berhasil menggaet pendanaan dari Facebook, Paypal; Google dan Tencent (lagi).
Tujuan investasi itu adalah mendukung Gojek melakukan ekspansi ekonomi digital di Asia Tenggara. Sehingga, sebagian besar uang itu akan digunakan untuk pengembangan layanan pembayaran dan keuangan. Saat ini layanan pembayaran dan keuangan Gojek adalah Gopay.
“Sumber daya perusahaan-perusahaan teknologi terbesar di dunia ini akan…mendorong adopsi sistem pembayaran digital…di Indonesia dan Asia Tenggara,” dikutip dari rilis yang diterima.
Menurut Gojek, pendanaan inilah yang akan mendukung lebih banyak UMKM menuju digitalisasi. “Bergabungnya Facebook, PayPal, Google dan Tencent merupakan pengakuan (bagi Gojek),” jelas Co-CEO Gojek, Andre Soelistyo.
Gojek akan menyasar penggunaan pembayaran digital untuk usaha kecil dan menengah yang beroperasi di toko-toko pinggir jalan, hingga bisnis berskala besar yang ingin memperkuat infrastruktur pembayaran digital mereka.
“Sejak berdiri, sepanjang perjalanannya Gojek selalu berkaitan dengan mendukung pertumbuhan UMKM dan ini selalu menjadi perhatian kami,” tutur Co-CEO Gojek, Kevin Aluwi.
Sejak diluncurkan pada 2015, Gojek telah berhasil membantu ratusan ribu merchant untuk melakukan digitalisasi dan memberikan mereka akses kepada lebih dari 170 juta pengguna Gojek di seluruh Asia Tenggara.
Layanan pembayaran digital Gojek memfasilitasi miliaran transaksi setiap tahun dan merupakan layanan dompet digital terbesar di Indonesia.
Sebagian besar dari pencapaian ini adalah kontribusi dari GoFood dan perluasan cakupan layanan GoPay di sektor lain, di dalam maupun di luar ekosistem Gojek.